October 13, 2024
Pendidikan

PKKMB Mahasisya Upanayana Unhi 2021 Dibuka, “Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas”

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar menggelar kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Mahasisya Upanayana tahun akademik 2021/ 2022. Pembukaan PKKMB tahun ini dilaksanakan dikampus setempat secara daring, senin (23/8) dengan mengambil tema, “Melalui Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Wujudkan Generasi Unggul dan Berbudaya”, dibuka langsung Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. Drh. I Made Damriyasa, MS secara online.

Wakil Rektor III Unhi, Dr. Ir. I Wayan Muka, ST.,MT.,IPM sekaligus menjadi ketua panitia dalam PKKMB Mahasisya Upanayana kali ini mengatakan, tema tersebut sangat sesuai dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain itu mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Universitas Hindu Indonesia.

“Masa ini dapat dijadikan titik tolak penguatan rasa cinta tanah air dan menciptakan generasi yang berkarakter nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas. PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional, misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme dan korupsi,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Kolonel (Purn) Dr. Drs. I Dewa Ketut Budiana, M.Phil  mengatakan, dengan PKKMB ini diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang memahami dan mengenali lingkungan barunya. “Terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan. Selain itu dapat meningkatkan kesadaran berbangsa bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru,”ujarnya.

Baca Juga :  Karya Melaspas di Pura Ratu Gede Dalem Sari Dalung

Peserta PKKMB tahun 2021 Unhi Denpasar berjumlah sebanyak 534 orang. 420 orang diantaranya berasal dari Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Fakultas Pendidikan sebanyak 55 orang, Fakultas Teknik sebanyak 16 orang, 13 orang dari Fakultas Kesehatan, Fakultas Hukum sebanyak 1 orang, Fakultas Ilmu Agama Seni dan Budaya sebanyak 7 orang, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains sebanyak 22 orang. Mahasisya Upanayana Unhi dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 23 hingga 26 Agustus 2021. (kbh2)

Related Posts