July 19, 2024
Pendidikan

PkM Kolaborasi Prodi MKn, MH & Doktor Hukum Pecahkan Persoalan LPD di Desa Adat Kelan

Badung-kabarbalihits

Program Studi (Prodi) Magister Kenotariatan, Prodi Magister Hukum, dan Prodi Doktor Hukum Universitas Warmadewa (Unwar) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Adat Kelan, Kecamatan Kuta, Badung, jumat (5/7). Kegiatan ini menggandeng Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kelan sebagai mitra dan mengusung tema “Penyelesaian Kredit Bermasalah pada Lembaga Perkreditan Desa”.

Dr. I Nyoman Sujana, S.H., M.Hum, yakni ahli hukum perdata sekaligus Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Unwar, menjelaskan bahwa tema ini diangkat mengingat tantangan yang dihadapi LPD setelah masa pandemi. “LPD masih merasakan dampak pandemi karena kredit yang disalurkan kepada masyarakat desa adat hingga saat ini belum mampu dipenuhi kewajibannya oleh sebagian masyarakat,” ungkap Sujana. Ia menambahkan bahwa banyak kredit bermasalah terjadi akibat kondisi ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Sujana menekankan pentingnya prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit, bahkan kepada masyarakat desa sendiri. “Meskipun kredit disalurkan kepada masyarakat sendiri, harus ada jaminan yang aman,” jelasnya.

Dengan perkembangan teknologi digital, transaksi konvensional mulai ditinggalkan dan beralih ke transaksi online, sehingga jaminan yang mengikat sangat penting untuk memberikan rasa aman.

Dalam kegiatan ini, berbagai solusi disampaikan untuk mengatasi kredit bermasalah, termasuk penerapan prinsip kehati-hatian yang lebih ketat. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas LPD yang berperan sebagai garda terdepan dalam mempertahankan perekonomian desa adat, sekaligus memberikan manfaat yang seimbang bagi masyarakat penerima kredit.

Dengan adanya pengabdian masyarakat ini, diharapkan LPD Desa Adat Kelan dapat lebih kuat menghadapi tantangan ekonomi pasca-pandemi dan masyarakat dapat lebih bijak dalam mengelola kredit mereka, sehingga perekonomian desa adat tetap stabil dan berkembang.(kbh2)

Related Posts