July 24, 2024
Pendidikan

Politeknik Negeri Bali Beri Penghargaan Kepada 71 Mitra DUDI

Badung – kabarbalihits

Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai perguruan tinggi vokasi terbaik di Bali, memberikan penghargaan kepada 71 mitra DUDI yang turut berperan aktif untuk kemajuan Politeknik Negeri Bali. Penghargaan ini diserahkan pada saat kegiatan Open House PNB, yang digelar Kamis 26 Oktober 2023, di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCOM., bersama Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Dr. I Ketut Sutama, dan Wakil Direktut Bidang Keuangan dan Umum I Ketut Parnata, SE, MMA., Ak.

Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCOM., menegaskan bahwa kemitraan dengan industri merupakan pondasi yang tak terpisahkan. Peran industri sangat penting dalam mendukung kemajuan PNB dengan memberikan wawasan langsung, bimbingan, dan peluang kerja bagi mahasiswa. Mitra industri PNB juga berperan besar terhadap pengembangan kurikulum PNB, sehingga mampu relevan dengan tuntutan industri, agar lulusan PNB memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Lebih lanjut Nyoman Abdi, SE., M.eCOM., menjelaskan, open house ini merupakan kegiatan yang sangat penting, karena mitra industri selama ini telah diajak bekerjasama sepanjang tahun-tahun sebelumnya, tahun sekarang dan tahun yang akan datang.

“Maka atas kontribusi mitra DUDI, kepada semua jurusan di PNB, pihaknya mengapresiasi dengan memberikan penganugerahan penghargaan kepada mereka, supaya partnership dengan DUDI ini semakin kuat kedepannya. Inilah langkah-langkah kami dalam rangka ikut berkontribusi menciptakan SDM unggul untuk kemajuan Indonesia yang kita cintai,” kata Abdi, ditemui di sela Open House” ujarnya.

Sampai saat ini dijelaskan bahwa kerjasama yang telah dilakukan sebanyak 400 an DUDI, baik didalam maupun diluar negeri, kedepan diharapkan akan terus dikuatkan dalam kuantitas dan kualitas, supaya mitra DUDI ini bisa ikut berkontribusi dalam banyak hal di PNB. Kolaborasi melalui kelas kerjasama menurutnya hasilnya sangat luar biasa bagi mahasiswa, seperti kelas kerjasama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, The Apurva Kempinski, St. Regis, mereka rata rata memberikan apresiasi yang sangat luar biasa terhadap mahasiswa PNB. Bahkan selama ini, banyak dari mahasiswa PNB sudah diterima di kelas kerjasama ini sebagai staf untuk menunjang operasional perusahaan-perusahaan tersebut.

“Oleh karenanya, kami selalu mendekat dengan mereka, supaya kami bisa memahami kebutuhan DUDI ini. Sehingga dengan demikian, kami bisa memberikan SDM yang benar-benar mereka inginkan, untuk kita persiapkan di PNB melalui pendidikan-pendidikan dan kelas kerjasama yang telah kami bangun,” Jelas Nyoman Abdi

“Kami sangat berharap, kelas-kelas kerjasama ini akan semakin banyak adanya di PNB. Karena dengan adanya kelas kerjasama yang semakin banyak, maka peluang mahasiswa untuk diterima menjadi tenaga kerja di perusahaan itu akan semakin tinggi,” imbunya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Dr. I Ketut Sutama, mengungkapkan, pemberian penghargaan ini adalah salah satu kegiatan dari unit kerjasama, sebagai apresiasi bahwa PNB telah melakukan kerjasama dengan industri.

“inilah sebagai wujud terima kasih dari PNB. Kedepan pihaknya berharap bisa membangun sinergitas yang lebih kuat lagi dengan DUDI. Karena menurutnya, pendidikan vokasi itu, tidak terlepas dari hubungan dengan dunia Industri. Sehingga kedepan kerjasama ini terus dibangun sebagai wujud pengembangan vokasi kedepannya. kerjasama itu kita lakukan terus dan semakin meningkat,” ucapnya.

Ketua Panitia yang juga Kepala Pusat Pengembangan Bisnis, Kerjasama (P2BKS) dan Career Center PNB, Dr. Ni Nyoman Sri Astuti, SST.Par.,M.Par., mengatakan, penentuan penghargaan ini ditentukan dari jurusan masing-masing. Yang mana, seperti diketahui, PNB memiliki 6 Jurusan dengan total 34 Program studi. Kemudian, dari masing-masing jurusan ini, memilih dan menyeleksi berdasarkan kontribusi terbesar dari masing-masing DUDI.

“Ada sebanyak 71 Dudi yang diberikan penghargaan. Dari total 71 ini, sebanyak 5 Dudi yang merupakan industri yang memberikan kontribusi terbesar bagi PNB. Penghargaan yang diberikan ada 2 kategori, diantaranya, the most supporting partner, dan yang tertinggi yakni the most valuable partner. Jadi ada 5 Dudi yang mendapat The Most Valuable Partner” pungkasnya.

Baca Juga :  Laksanakan Pengabdian Masyarakat, Jurusan Akuntansi PNB Beri Pendampingan Pengelolaan Keuangan dan Perpajakan BUMDESA Berbadan Hukum

Sri Astuti juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksnakan dan rencananya kegiatan serupa akan digelar rutin setiap tahunnya dengan lebih banyak mengundang Dunia Usaha Dunia Industri ( DUDI) (kbh5)

Related Posts