July 19, 2024
Daerah

Wabup Suiasa Buka Lomba Karaoke Tingkat Lurah/Desa Se-Badung

Badung-kabarbalihits 

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri sekaligus membuka Lomba Karaoke Tingkat Lurah/Desa se-Badung yang diikuti oleh 21 orang peserta dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2023 bertempat di Wantilan DPRD Puspem Badung, Rabu (27/9). Lomba dengan tema “Peran Perpustakaan dalam Dunia Literasi Untuk Mewujudkan Pemikiran Visioner Tentang Perpustakaan Digital” ini turut dihadiri anggota Komisi IV DPRD I Gusti Agung Ayu Indah Trimafo Yudha, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan yang diwakili Kabid Pengembangan Pembinaan dan Layanan Tjokorda Istri Mas Kartikawati, Kepala Badan Kesbangpol Nyoman Suendi, Perwakilan OPD terkait lingkup Pemkab Badung, perwakilan camat se-Badung, para Lurah dan Kepala Desa se-Badung, para Dewan Juri, Forum Anak Daerah Kab. Badung beserta undangan lainnya.

Wabup Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung senantiasa selalu berusaha mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung untuk melaksanakan fungsi-fungsinya sebagaimanamestinya. Salah satunya sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku yaitu Ketetapan Presiden Nomor 20/A1/VIII/1995, dinyatakan bahwa kita didorong untuk melakukan apa yang disebut dengan Hari Kunjung Perpustakaan yang semestinya itu dilaksanakan setiap tanggal 14 September setiap tahun dan karena itulah di Pemerintah Kabupaten Badung dilaksanakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan. Adanya peringatan hari Kunjung Perpustakaan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk mendorong kepada Perangkat Daerah, Kelurahan dan Desa untuk senantiasa untuk tidak pernah henti-hentinya menumbuhkembangkan budaya baca di masyarakat. Jadi upaya-upaya pengayaan literaterasi-literasi di masyarakat dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu cara untuk mewujudkannya melalui Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan, dengan demikian Peringatan hari Kunjung Perpustakaan merupakan momentum buat Perpustakaan di semua level dari ditingkat Desa/Kelurahan untuk bisa mewujudkan fungsi-fungsinya bahwa perpustakaan itu memiliki fungsi sebagai informatif, edukatif, promotif, dan juga fungsi hiburan. “Perlombaan yang dilaksanakan sekarang ini adalah bentuk atau fungsi perpustakaan sebagai fungsi hiburan dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dirangkaikan dengan kegiatan Lomba Karaoke sekaligus untuk membangun rasa kebersamaan antara komponen, ada unsur pemerintah daerah sampai ke desa, itulah komitmen yang kita lakukan di Pemerintah Kabupaten Badung,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekda Buleleng Kembali Ingatkan Netralitas ASN dan Non-ASN

Sementara Ketua Panitia Tjokorda Istri Mas Kartikawati melaporkan, Peringatan hari Kunjung Perpustakaan Kabupaten Badung Tahun 2023 diawali dengan melaksanakan beberapa kegiatan seperti pelatihan pembuatan sabun pencuci piring dan pencelupan dupa. Selain itu juga dilaksanakan lomba karaoke tingkat Kecamatan, Lurah/Desa se-Badung, mengapresiasi pemustaka yang rajin berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 13-27 September 2023, pelaksanaan hari Kunjung Perpustakaan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan lomba karaoke yang diikuti oleh para Kades, Lurah atau perwakilan dari Desa dan Kelurahan, serta masing-masing kecamatan mengirimkan 5 orang peserta dan suporter. Tujuan pelaksanaan Hari Kunjung Perpustakaan adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan, meningkatkan minat baca masyarakat, merubah mindset masyarakat terhadap perpustakaan yang mana perpustakaan tidak hanya tempat meminjam dan mengembalikan  buku saja namun merupakan tempat untuk melaksanakan semua kegiatan. Untuk bisa mewujudkan itu semua Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait, melaksanakan perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam upaya mendekatkan masyarakat kepada perpustakaan. Saat ini layanan perpustakaan Sastra Mangutama sudah terintegrasi dengan perpustakaan nasional dengan memakai nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai anggota perpustakaan, yang merupakan salah satu  inovasi layanan perpustakaan kemajuan teknologi diera digital, guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.(r)

Related Posts