July 24, 2024
Pendidikan

PPKMB 2023, STIKES Wira Medika Bali Siap Go Global

Denpasar – kabarbalihits

STIKES Wira Medika Bali sebagai pencetak tenaga kesehatan berkualitas, terus berkomitmen untuk mencetak lulusan berstandar internasional sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun global. Penegasan tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Wira Medika Bali, Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHT., CHA., dalam acara penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 yang bertempat di Kampus STIKES Wira Medika Bali, Kamis (6/9).

PKKMB Stikes Wira Medika Bali yang mengambil tema “Bhadrika Ekadanta Farras” (Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter APIK) Adaptif, Produktif, Inovatif dan Kompetitif di Era Society 5.0. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 4 hingga 6 September 2023, dan diikuti oleh 488 mahasiswa yang berasal dari 5 Program Studi, yakni Prodi S1 Keperawatan, Prodi Profesi Ners, D4 Teknologi Laboratorium Medis, D3 Teknologi Laboratorium Medis, dan D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Ketua Yayasan Wira Medika Bali, Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHT., CHA.,mengatakan, STIKES Wira Medika Bali akan mengajak mahasiswa untuk berfikir go global, oleh karena itu kampus bersama yayasan akan mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan agar keinginan Go Global bisa terpenuhi.

“Yang akan kita lakukan adalah memperluas jaringan di luar negeri. Saat ini kita sudah banyak mempunyai partner di luar negeri seperti contohnya di Jepang, Belanda,  Korea, China, Australia dan di negara-negara lain yang masih akan terus kita jajaki” ujarnya.

“Kenapa harus Go Global, karena diluar sana banyak tenaga medis yang dibutuhkan, oleh karena itu jangan kita hanya merebut posisi yang ada di regional Bali dan Indonesia saja namun kita harus berfikir Go Global: imbuh Gede Astina.

Dijelaskannya, tentu ada syarat-syarata yang harus dipersiapkan, misalnya bagaimana kita harus berkomunikasi setidaknya dalam hal bahasa inggris. “Yayasan bersama pihak kampus akan menyiapkan hal tersebut. Disamping itu, kualitas dosen akan terus kita tingkatkan. Mahasiswa harus bekerja keras, fokus, dan bermimpi besar sehingga dengan demikian mudah-mudahan apa yang diinginkan dengan kuliah di kampus ini bisa tercapai dengan baik” ujarnya.

Sementara Ketua STIKES Wira Medika Bali Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsama, MM., megatakan, STIKES Wiramedka Bali akan selalu bekerjasama dan berkolaborasi dengan yayasan sebagai badan penyelenggara, dan kami sebagai institusi akan menyiapkan program-program untuk pengembangan pendidikan di STIKES Wira Medika Bali.

Program yang kita siapkan yang pertama adalah SDM, bagaimana kita mengembangkan SDM kita agar sesuai dengan standar regulasi yang ada. “Kita akan menyapkan dosen secara bertahap setiap tahun dan akan meningkatakn pendidikan dosen hingga ke jenjang S-3, sehingga kedepan semua dosen akan memiliki kualifikasi Doktor karena itu nantinya akan menjadi syarat utama” ucapnya.

Selain itu kita akan meningkatkan kompetensi dosen sesuai dengan bidang tugasnya melalui berbagai pelatihan dan seminar sesuai dengan standar kompetensi yang dikeluarkan oleh organisasi profesi, dan asosiasi yang terkait.

Terkait untuk mempersiapkan mahasiswa hingga ke luar negeri, STIKES Wira Medka akan membuat berbagai program perencanaan baik dari segi sarana prasarana maupun dari sisi akademiknya dengan membekali dengan kemampuan siswa dibidang penguasaan bahasa asing.

“Kita akan terus melakukan evaluasi kurikulum sehingga apa yang menjadi kebutuhan seuai dengan isu-isu terkini yang berkembang, sehingga diharapkan kurikulum pendidikan yang diberikan mengakomodasi  berbagai kebutuhan di dunia kerja. Disamping itu program dari Kementerian pendidikan terkait kampus merdeka juga kita galakkan dengan melakukan kerjasama dengan institusi pendidikan yang ada di dalam dan luar negeri ” ucapnya

Lebih lanjut Dewa Agung menjelaskan kedepan secara kelembagaan STIKES Wira Medika Bali akan mengembangkan diri menjadi Institut sehingga tidak hanya bergerak di bidang kesehatan saja namun diluar bidang kesehatan akan kita kembangkan prodinya.

“Setelah nantinya STIKES Wira Medika Bali nantinya berkembang menjadi institut diharapkan bisa memberikan kontribusinya untuk Provinsi Bali maupun tingkat nasional tidak hanya di bidang kesehatan namun juga diluar bidang kesehatan” imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Putu Gede Subhaktiyasa, S.T., MM menjelaskan bahwa Stikes Wira Medika Bali bukan hanya menyiapkan mahasiswa untuk di Bali saja namun juga untuk kebutuhan internasional di berbagai negara yang memang membutuhkan tenaga kesehatan.

“Ada banyak alumni kita yang berkerja sebagai tenaga kesehatan di luar negeri seperti di Jepang, Belanda dan sekarang kita sedang merancang program di Darwin Australia. Ini adalah beberap kesempatan untuk anak-anak kita dan itu kita rancang dalam program akademik maupun non akademik, apalagi sebentar lagi di Bali akan ada Rumah Sakit Internasional tentu ini merupakan peluang untuk meraih kesempatan kerja yang baik” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, saat ini STIKES Wira Medika Bali telah memiliki puluhan ribu alumni yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri, ini menjadi kebanggaan tersendiri Bagi STIKES Wira Medika Bali. “Semoga dengan doa dan dukungan semua pihak kita bergerak menajdi institut tidak hanya di bidang kesehatan  namun dibidang ilmu yang lain untuk kepentingan secara regional maupun nasional” imbuh sosok pendidik milenial ini.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Dukung Penataan Pantai Pandawa

Sementara Ketua Panitia PKKMB 2023, Ns. I Made Arisusana, S.Kep., menjelaskan bahwa  selama PPKMB, mahasiswa baru dibekali dengan berbagai kegiatan dan pemberian materi dari instutusi Internal maupun eksternal seperti dari BNN, BKKBN, LLDIKTI Wilayan 8 dan dari RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah.

“ada beberapa materi yang diberikan dalam PPKMB kali ini, diantaranya Budaya Akademik dan Non Akademik, Pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai antikekerasan seksual, antikorupsi, serta Implementasi Perguruan tinggi dalam mempersiapkan tenaga kerja adaptif di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0” jelasnya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik dalam PKKMB 2023 Stikes Wira Medika Bali. (kbh5)

Related Posts