January 20, 2022
Daerah Sosial

Penuhi Janji, Gus Adhi Amatra Hijaukan Hutan Manistutu dengan 500 Bibit Pohon Buah

Jembrana-kabarbalihits

Komitmen dan kepedulian terhadap lestarinya hutan benar-benar diwujudkan Anggota DPR RI Dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.

Jumat 13 Agustus 2021, politisi Partai Golkar asal Jero Kawan Kerobokan Kuta Utara Badung yang akrab disapa Gus Adhi Amatra ini melaksanakan penanaman 500 bibit pohon buah bersama Bupati Jembrana Nengah Tamba dan masyarakat di Hutan Lindung Blok pemanfaatan 98 Manistutu Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana.

Bantuan aspirasi 500 bibit pohon buah dari Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra terdiri dari pohon durian, alpukat serta manggis. Bantuan ini juga merupakan tindak lanjut dari keprihatinan Gus Adhi Amatra atas kondisi hutan lindung tersebut saat kunjungannya beberapa waktu lalu.

Dibawah guyuran hujan yang cukup deras tidak mengurangi semangat Gus Adhi Amatra untuk turun langsung bersama masyrakat melakukan penanaman pohon buah. Dalam kesempatan tersebut Wakil rakyat yang dikenal aspiratif ini mengingatkan pentingnya fungsi dan manfaat hutan bagi kehidupan. Hutan, selain sebagai habitat berbagai hewan serta tumbuhan juga memiliki fungsi dalam menjaga ekosistem. Selain itu hutan melalui tumbuhan yang ada akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup termasuk manusia. Tak hanya itu lestarinya hutan juga akan menjamin ketersedian sumber mata air yang juga diperlukan dalam mengairi pertanian.

“Pertanian tidak bisa dilepaskan dari lestarinya hutan sebagi penjaga dan penyedia air. Kalau hutannya rusak, maka tidak ada suplai air untuk pertanian, sehingga pertanian akan mati yang artinya  ketahanan pangan kita juga akan terganggu,”ujarnya.

Gus adhi Amatra kembali mengingatkan masyarakat kalau perambahan dan pembalakan hutan masih terjadi dapat mengancam kehidupan. Tak hanya itu, areal pertanian di Kabupaten Jembrana yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan Kabupaten/kota di Bali juga terancam keberadaannya akibat krisis air.

“Kondisi ini harus kita sikapi dengan bijak dengan kembali melakukan penanaman pohon. Untuk itulah saya membawa 500 bibit pohon buah untuk menghijaukan kembali hutan lindung di Manistutu ini,”terangnya ,sembari mengajak steakholder kehutanan dan pemerintah daerah bersama masyarakat agar senantiasa gotong royong bergandengan tangan dalam menjaga kawasan hutan untuk mewujudkan hutan lestari yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Bupati Jembrana Nengah Tamba selain mengapresiasi kepedulian  Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra untuk lestarinya hutan di Jembrana juga menyampaikan terima kasih atas perjuangan Gus Adhi Amatra sehingga terwujudnya reboisasi hutan dengan tanaman buah yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya sudah lama mengenal Gung Aji (Gus Adhi Amatra) dan beliau telah banyak membantu kabupaten Jembrana”,ujar mantan Anggota DPRD Bali ini.

Bupati Tamba juga menyampaikan aksi penanaman pohon Buah oleh Anggota DPR RI Gus Adhi Amatra bersama masyarakat di hutan Manistutu memiliki makna besar dan strategis untuk keberlangsungan kelestarian kawasan hutan ini.

“Kawasan hutan ini perlu terus dilestarikan untuk bisa mendukung rencana pengembangan wisata spritual di hutan ini, sebab di hutan lindung Manistutu ada pura tempat umat memohon keselamatan dan kerahayuan yang didukung dengan suasana tenang”,terangnya.

Baca Juga :  Hadiri Kerjurkab Tarung Derajat, Wayan Suyasa Motivasi Pemuda Badung  Raih Prestasi

Aksi penghijauan kawasan hutan Manistutu juga dimaksudkan serangkaian menyambut  HUT RI ke- 76 dan HUT Provinsi Bali ke -63, dihadiri pejabat terkait  diantaranya Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Unda Anyar Titik Wurdiningsih, Kepala Taman Nasional Bali Barat Agus Ngurah Krisna, Kepala BKSDA Bali Raden Agus Budi Santoso, Kepala KPH Bali Barat Agus Sugiyanto.

Selain itu tampak hadir pula Ketua DPD Partai Golkar Jembrana sekaligus Anggota DPRD Bali Made Suardana, beberapa Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jembrana serta pengurus dan kader SOKSI Jembrana.(kbh6)

Related Posts