October 13, 2024
Pendidikan

Sukses Gelar LDBI, Unwar Semakin Dikenal di Kancah Nasional

Denpasar-kabarbalihits

Event nasional yang diinisiasi oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kembali berhasil diselenggarakan Universitas Warmadewa (Unwar). Pasalnya, Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) yang diikuti ratusan siswa-siswi SMA/MA/Sederajat dari 38 Provinsi di Indonesia dan 1 Sekolah Indonesia Luar Negeri ini berjalan sukses dan lancar selama 7 hari penuh. Para juara pun diumumkan pada penutupan LDBI, di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Sabtu (12/10) malam. Provinsi D.I. Yogyakarta berhasil meraih Juara I, Provinsi Jawa Timur berhasil meraih Juara II, sedangkan Juara III diraih oleh  Provinsi Bali dan Provinsi Lampung.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta LDBI. Baginya, seluruh peserta tidak ada yang kalah karena mereka telah mampu berkompetisi dengan baik. Apalagi, selama 7 hari penuh seluruh peserta lomba dari perwakilan SMA seluruh provinsi yang ada di Indonesia dan 1 peserta dari sekolah Indonesia luar negeri telah antusias mengikuti LDBI secara kompetitif. Hal ini tentu akan membawa reputasi bagi siswa dan institusinya untuk mengikuti debat ke depannya.

Di sisi lain, suksesnya penyelenggaraan LDBI ini membawa nama baik Unwar di kancah nasional. Dimana, Unwar yang telah terakreditasi Unggul semakin dikenal oleh masyarakat luas. Diungkapkan, suksesnya kegiatan LDBI ini tidak terlepas dari sarana dan prasarana pendukung yang ada di Unwar, sehingga siswa merasa nyaman dan betah selama mengikuti perlombaan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar siswa peserta ketika kembali ke sekolahnya masing-masing agar menginformasikan kepada teman-temannya bahwa di Bali ada kampus swasta terbesar di Bali yang telah terakreditadi Unggul dengan fasilitas yang lengkap, sehingga ketika lulus Unwar menjadi pilihan mereka untuk menempuh pendidikan tinggi. Begitu juga kepada peserta juga diharapkan bisa memilih Unwar sebagai tempat kuliahnya nanti. Apalagi, Unwar memiliki 29 program studi (prodi) yang dikembangkan di 9 fakultas. Mulai dari Prodi Diploma, Sarjana (S1), Magister (S2), hingga Doktoral (S3).

Baca Juga :  PKKMB Mahasisya Upanayana Unhi 2021 Dibuka, “Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas”

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada Puspresnas dan BPTI yang telah mempercayai Unwar sebagai tuan rumah penyelenggaraan LDBI. Menurutnya, LDBI merupakan sebuah debat yang sangat prestisius karena melibatkan seluruh siswa SMA seluruh Indonesia dan 1 dari sekolah Indonesia luar negeri, sehingga debat ini sangat bergengsi. Debat ini juga membuka cakrawala kita betapa anak-anak muda kita sangat fasih dan mampu melaksanakan debat dengan baik menggunakan bahasa yang santun dengan data-data yang akurat.

Pihaknya berharap debat ini dapat menumbuhkan kemampuan dan talenta anak-anak muda untuk mengungkapkan sesuatu, ide, dan gagasan melalui proses perdebatan. “Harapan saya anak-anak SMA khususnya di Bali, ayo kita tingkatkan kemampuan berbahasa, kita tingkatkan kemampuan cara kita mengungkapkan pendapat melalui debat-debat. Dan saya berharap nanti Warmadewa bisa menyelenggarakan event tahunan untuk debat mahasiswa se-bali khususnya bahkan se-Indonesia,” harapnya.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristekdikti, Hafidz Muksin, S.Sos.,M.Si., mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Unwar yang telah berhasil sebagai tuan rumah penyelenggaraan LDBI. Menurutnya, LDBI di Unwar merupakan prestasi yang membanggakan karena menghasilkan calon-calon generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Sebab, debat ini memberikan pengalaman, wawasan, dan kolaborasi serta semangat untuk berkompetisi dengan sehat untuk menghasilkan generasi yang cerdas, unggul, dan berkarakter.(kbh2)

Related Posts