October 14, 2024
Politik

Seken-Seken Menyala Wii!! Disambut Kecak Inovatif, Ribuan Warga Gulingan Deklarasikan Dukungan untuk Paslon Koster-Giri dan Adi-Cipta

Badung-kabarbalihits

Ribuan warga Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Badung, menggelar deklarasi dukungan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bali dan Badung pada Sabtu (21/9). Deklarasi yang dipimpin oleh tokoh Desa Gulingan sekaligus anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung, Made Rai Wirata, secara tegas mendukung pasangan calon (paslon) I Wayan Koster dan I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali periode 2025-2030.

Selain itu, dalam Pilkada Badung, masyarakat Gulingan juga mendukung paslon I Wayan Adi Arnawa dan I Bagus Alit Sucipta (Adi-Cipta) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Badung untuk periode 2025-2030. Menariknya deklarasi tersebut diawali dengan tari kecak inovatif yang berjudul Nawasena yang dibawakan oleh Barista atau Barisan Rai Wirata.

Acara deklarasi tersebut turut dihadiri oleh Calon Wakil Gubernur Bali, I Nyoman Giri Prasta, dan Calon Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa. Hadir pula anggota Fraksi PDIP DPRD Bali, I Wayan Bawa dan Nyoman Laka, serta pengurus ranting dan anak ranting PDIP Desa Gulingan, prajuru, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam deklarasi, Bendesa Adat Gulingan memimpin pekikan dukungan masyarakat secara serentak. “Sekarang saatnya mendukung yang ‘bares-bares,’ Pak Giri dan Pak Adi untuk Bali dan Badung. Setuju?” serunya, yang disambut sorak setuju dari warga Gulingan.

Ia menegaskan bahwa Giri Prasta dan Adi Arnawa telah banyak berkontribusi terhadap pembangunan di Desa Gulingan. “Sekarang saatnya masyarakat membantu kedua tokoh ini agar menang di Pilkada Bali dan Pilkada Badung,” tambahnya.

Keseluruhan terdapat 13 banjar adat se-Desa Gulingan yang menyatakan komitmennya untuk memenangkan pasangan Koster-Giri dan Adi-Cipta dengan perolehan suara di atas 75 persen.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Badung, Made Rai Wirata, menyatakan optimisme bahwa dukungan untuk paslon Koster-Giri dan Adi-Cipta akan melampaui perolehan suara PDIP dalam Pemilu Legislatif (Pileg) lalu. “Di Gulingan ada sekitar 6.000 pemilih. Target kami adalah suara Koster-Giri dan Adi-Cipta bisa melebihi suara PDIP di Pileg lalu,” ujar Rai Wirata, sembari menyebutkan bahwa pada Pileg sebelumnya PDIP memperoleh lebih dari 4.400 suara di desa tersebut.

Baca Juga :  Totalitas Support Kreativitas Generasi Muda, Wayan Suyasa Bantu Dana Rp 18 Juta HUT ST Budhi Luhur

Calon Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa, menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program-program pro-rakyat yang telah dirintis oleh Bupati Badung saat ini, Giri Prasta, yang dikenal dengan program “Bares”. Adi Arnawa yakin, dengan dukungan masyarakat Badung, terutama Desa Gulingan, dirinya dapat menang di Pilkada Badung, sementara pasangan Koster-Giri akan menang di Pilkada Bali.

Dalam pidatonya, Calon Wakil Gubernur Bali, I Nyoman Giri Prasta, berjanji akan terus mendukung kebutuhan masyarakat, terutama dalam bidang pembangunan, adat, dan olahraga. Ia juga menyoroti rencana penguatan program Lembaga Perkreditan Desa (LPD) ke depan. “Ke depan, tidak perlu lagi fokus pada pembangunan infrastruktur, cukup memikirkan pengendalian ekonomi,” katanya.

Giri Prasta juga mengungkapkan bahwa paslon Adi-Cipta telah mendapatkan dukungan dari 30 kursi DPRD Badung dari total 45 kursi. “Dengan dukungan dewan ini, program untuk masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. Ia pun menekankan perbedaan dukungan yang dimiliki oleh paslon Adi-Cipta dibandingkan lawan politik mereka.(kbh2)

Related Posts