October 14, 2024
Pendidikan

12 Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur Unwar Dipamerkan: Inovasi Berbasis Tanggung Jawab Sosial

Denpasar – kabarbalihits

Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (FTP Unwar) menggelar pameran yang menampilkan 12 karya perencanaan tugas akhir mahasiswa Program Studi Arsitektur. Pameran ini merupakan wujud respons mahasiswa terhadap berbagai persoalan sosial di masyarakat, yang diadakan di kampus Warmadewa.

Kaprodi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (FTP Unwar), I Nyoman Gede Maha Putra, S.T., M.Sc., Ph.D, menjelaskan bahwa karya-karya tersebut bukan sekadar demonstrasi kualitas lulusan, tetapi juga mencerminkan tanggung jawab publik calon arsitek terhadap isu-isu yang ada di Bali. “Dalam pameran ini, masyarakat dapat melihat bagaimana hasil pembelajaran di Unwar diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah sosial melalui bidang arsitektur,” ungkapnya.

Salah satu perwakilan mahasiswa, dalam proyeknya, merencanakan fasilitas terkait pertanian, budaya, dan fasilitas bagi kelompok masyarakat yang kurang terlayani. Menurut mereka, penting bagi arsitek untuk tidak hanya memikirkan aspek kapital, tetapi juga mencari solusi atas fenomena sosial yang ada.

Dekan FTP Unwar, Dr. Ir. I Nengah Sinarta, S.T., M.T., IPM., ASEAN ENG menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah percepatan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan kualitas yang baik. Meskipun seharusnya mereka akan wisuda pada September 2024, mereka mampu menyelesaikan tugas akhir lebih cepat dengan kualitas yang memuaskan.

“Pihak kampus juga telah menyediakan fasilitas gedung yang menstimulasi kreativitas dan inovasi mahasiswa. Dengan adanya ruang-ruang publik ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keilmuannya di luar kelas dan semakin berkembang ke depannya,” papar dekan.

Baca Juga :  Dalam Rangka Akreditasi, Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Dikunjungi Tim Asesor LAMEMBA

Pameran ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan hasil karya mahasiswa, tetapi juga menjadi bukti kontribusi Unwar dalam membentuk arsitek-arsitek masa depan yang bertanggung jawab sosial dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.(kbh2)

Related Posts