January 31, 2023
Pendidikan

I Made Agus Sunadi Putra Berhasil Menyandang Gelar Doktor, Kini Unmas Denpasar Semakin Beribawa

Denpasar-kabarbalihits

I Made Agus Sunadi Putra, S.Si.,M.Biomed.,Apt telah berhasil menyelesaikan pendidikan program Doktor pada Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Tercatat,  akademisi yang saat ini masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar ini menjadi doktor yang ke 365 di Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Sebagai proses akhir, Agus Sunadi Putra menjalani sidang terbuka promosi doktor di kampus Unud Sudirman Denpasar, selasa (24/1).

Dalam sidang promosi doktor yang dipimpin oleh Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes tersebut, Agus Sunadi Putra memaparkan disertasinya yang berjudul “Ekstrak Etil Asetat Daun Euphorbia Milii Menurunkan Kadar Malondialdehyde Dan Jumlah Koloni Bakteri Pseudomonas Aeruginosa, Serta Meningkatkan Kadar Vascular Endothelial Growth Factor Dan Jumlah Fibroblast Pada Tikus Wistar Dengan Luka Bakar Terinfeksi Pseudomonas Aeruginosa”.

Seusai sidang, Agus Sunadi Putra yang sudah berhasil melewati jenjang pendidikan tertinggi ini mengatakan, dari disertasinya tersebut tanaman herbal daun euphorbia bisa digunakan sebagai bahan untuk penelitian selanjutnya. Sehingga menjadi bahan penting nantinya untuk obat dan kebutuhan dunia kesehatan utamanya farmasi.

“Tentunya jika berbicara mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, hasil penelitian saya yang menjadi disertasi dalam mencapai gelar Doktor ini akan menjadi tambahan wawasan dan ilmu kepada mahasiswa utamanya di Fakultas Farmasi Unmas Denpasar. Bahkan jika berbicara mengenai pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hasil penelitian saya juga akan bisa digunakan sebagai tanaman herbal atau tanaman obat untuk keluarga yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Badung Hadiri Pengukuhan Prajuru MDA Kecamatan se-Badung

Dengan telah keberhasilannya menyelesaikan program S3 nya maka bertambah amunisi Doktor di Unmas Denpasar, yang berarti berpengaruh positif terhadap kualitas institusi yang berlokasi di Jalan Kamboja Denpasar ini. (kbh2).

Related Posts