July 24, 2024
Pendidikan

Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Pura Dali Agrahita Pujon, UNHI Perkuat Eksistensi Umat Hindu di Luar Bali

Malang-kabarbalihits

Hindu di Indonesia, sebagai agama tertua di negara ini, hadir dengan keberadaan umat yang tersebar di berbagai daerah. Namun, menghadapi gempuran globalisasi, umat Hindu di beberapa wilayah, terutama yang berada di wilayah minoritas, harus menjaga eksistensinya. Menyikapi permasalahan ini, Universitas Hindu Indonesia (UNHI) mengambil langkah dalam upaya menjaga keberadaan masyarakat Hindu melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk “Penguatan Sradha Bhakti dalam mencapai Mokshartam Jagadhita Ya Caiti Dharma”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pura Dali Agrahita Pujon, Kabupaten Malang, pada tanggal 15 Juli 2023. Turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah civitas akademika UNHI yang terdiri dari dosen dan staf tenaga kependidikan. Dr. I Putu Sarjana, M.si, selaku Ketua Pengabdian, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian UNHI dalam menjaga eksistensi umat Hindu di berbagai daerah. Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki misi dalam menjaga agama dan budaya, UNHI merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga keberadaan agama Hindu, tidak hanya di Pulau Dewata tetapi juga di wilayah-wilayah luar Bali.

“Pemilihan Malang sebagai lokasi pengabdian masyarakat dikarenakan masyarakat Hindu di Kecamatan Pujon masih kuat dalam menjaga tradisi keagamaannya. Namun, tradisi ini harus didukung dengan pengetahuan tentang agama, termasuk Tattwa, Susila, dan Upacara, agar kehidupan keagamaan tetap terjaga dengan kokoh,” ujar Sarjana.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga eksistensi agama Hindu di daerah tersebut tetapi juga untuk mengidentifikasi dan mencari solusi atas permasalahan lain yang dihadapi oleh masyarakat setempat. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung secara berkelanjutan.

Dalam serangkaian kegiatan, UNHI juga melaksanakan persembahyangan di Pura Giri Arjuno sebagai bagian dari komitmen untuk terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat dan memberikan pengetahuan kepada mereka. Wakil ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerti, I Dewa Made Suara menyatakan bahwa ke depannya, UNHI akan terus melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ke kantong-kantong umat agama Hindu sebagai bentuk tanggung jawab dalam memajukan umat.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Buka Jalan Sehat Kelompok Olahraga Yowana Jagaditha Sibanggede

Prof. Dr. I Putu Gelgel SH., M.Hum, wakil rektor bidang kurikulum UNHI, menambahkan bahwa universitas ini selalu terbuka untuk menerima generasi muda di daerah Pujon dan memberikan fasilitas beasiswa sebagai upaya serius dalam memajukan umat di wilayah tersebut.

Sementara itu, sebagai perwakilan masyarakat Hindu di Pujon, Mulyono, menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran UNHI dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. “Kami berharap kegiatan semacam ini akan berlanjut tidak hanya dalam pengetahuan agama tetapi juga dalam berbagai kegiatan yang mendukung ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya,” harapnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diwarnai dengan dharmawacana dan dharmatula ditutup dengan penyerahan Dana Punia kepada pengempon Pura, menjadi simbol kerjasama yang kuat antara UNHI dan masyarakat dalam menjaga keberlangsungan tradisi dan pengetahuan agama Hindu di daerah Pujon dan sekitarnya.

Dengan semangat inovatif dan komitmen yang tinggi, UNHI menunjukkan perannya sebagai lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam menjaga dan memajukan kehidupan keagamaan di masyarakat, terutama bagi umat Hindu di wilayah-wilayah minoritas.(r)

Related Posts