February 22, 2024
Pendidikan

Magister Ilmu Lingkungan Unud Gandeng Yamaguchi University Gelar Simposium Internasional

Denpasar – kiabarbalihits

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) Pascasarjana Unud bekerjasama dengan Yamaguchi University International Collaboration Office (YUICO) menggelar Simposium Internasional ke 7 dengan tema “7th Symposium : Human Resource Development and Space Data Utilization for Disaster”, Kamis (11/1) bertempat di Ruang 3.10 Gedung Pascasarjana Universitas Udayana (Unud),

Gelaran ini menghadirkan 8 pembicara yang sangat ahli dan kompeten di bidangnya, 4 diantaranya adalah peneliti dari Center for Research and Application of Satellite Remote Sensing, Yamaguchi University, yakni Prof. Masahiko Nagai, Prof. Keiji Imaoka, Dr. Tsuyoshi Eguci, dan Hana Watari.

Kemudian, 4 pembicara lainnya adalah Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Unud, Prof. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., Ph.D, dan Ahli pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang juga merupakan alumni dari PSMIL Pascasarjana Unud, yakni I Wayan Andi Yuda, Pande Putu Hadi Wiguna, dan Putu Agus Dedi Permana. Kegiatan simposium yang dilaksanakan secara hybrid ini diikuti oleh sekitar 50 orang peserta dari dalam maupun luar negeri.

Human Resource Development and Space Data Utilization for Disaster merupakan salah satu kerjasama yang rutin dilaksanakan oleh PSMIL bekerjasama dengan YUICO, hingga saat ini sudah terlaksana untuk periode ke 7 kali. Kegiatan symposium ini merupakan diseminasi penelitian antara dosen dan mahasiswa baik di Udayana maupun di Yamaguchi.

Baca Juga :  Wujudkan Atraksi Wisata Baru di Badung, Panggung Budaya Senilai Rp.15 M Dibangun di Pantai Melasti

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Eng Ir. I Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., IPM selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Perencanaan Pascasarjana Unud mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen di Pascasarjana Unud khususnya dan bagi para peneliti-peneliti dalam bidang mitigasi bencana. “Semoga peserta simposium ini dapat memperoleh maanfaat dan menambah wawasan pengetahuan khusunya di bidang Disaster Mitigation,” harapnya. (r)

Sumber : UNUD | Universitas Udayana

Related Posts