June 24, 2024
Pendidikan

Tim PKM Unwar Gelar Pengabdian Masyarakat di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar

Denpasar-kabarbalihits

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PkM) Universitas Warmadewa yang terdiri dari tiga personil dari disiplin Ilmu Arsitektur dan Teknik Sipil, menggelar pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan penyusunan Desain dan RAB Penataan Fasilitas Penunjang di Kawasan Lapangan Bajra Sandi Renon. Kegiatan ini diketuai oleh Dosen dari Program Studi Arsitektur bernama I Nyoman Gede Maha Putra, S.T, M.Sc, Ph.D dan melibatkan dua anggota yaitu Tjokorda Gede Dalem Suparsa, S.T, M.Ars dan  Dr. Anak Agung Gde Agung Parameswara, S.E, M.Si.

Berdasarkan penelurusan tim Pkm di lapangan, kawasan Lapangan Bajra Sandi Renon belum didukung dengan penataan fasilitas lapangan yang baik. Tumbuhnya kegiatan-kegiatan baru di Lapangan Renon di luar kegiatan yang biasa berlangsung, ternyata belum didukung oleh fasilitas – fasilitas yang memadai. Lapangan Renon hanya menyediakan fasilitas ruang terbuka secara umum dan fasilitas olahraga seperti joging trek, lapangan voli, dan lapangan untuk latihan sepak bola.

Bangku – bangku beton disebar di sekitar lapangan renon dengan perletakan yang tidak terkonsep, justru sangat jarang digunakan. Bentuk, desain, material dan kondisi fisik dari setiap fasilitas juga tidak memiliki konsep yang baik. Kegiatan – kegiatan baru yang berlangsung di Lapangan Renon belum menjadi perhatian dari pihak pengelola maupun pemerintah dalam penataan dan penyediaan space dengan segala kebutuhannya. Persoalan-persoalan lainnya seperti ketersediaan fasilitas umum seperti toilet yang kurang memadai dan tidak sesuai dengan standar dan kebutuhan, serta persoalan sampah yang menjadi persoalan krusial.

Berdasarkan pertimbangan inilah, maka Tim PKM bekerja sama dengan Mitra PkM yaitu I Gede Arya Sugiartha selaku Pengelola Lapangan Bajra Sandi dalam menghasilkan Desain dan RAB Penataan Fasilitas Penunjang di Kawasan Lapangan Bajra Sandi Renon.

Baca Juga :  FMIPA UNUD Undang Direktur CIFOR Beri Kuliah Tamu

Berdasarkan permasalahan – permasalahan yang didapatkan melalui pengamatan secara langsung di lapangan dan konsultasi dengan mitra, maka solusi yang ditawarkan kepada mitra antara lain : memvitalkan fungsi Lapangan Renon serta memperbaiki dan membuat Lapangan Renon menjadi lebih baik lagi dilihat dari sudut pandang design seperti penambahan tempat duduk, keamanan pada malam hari, penambahan fasilitas – fasilitas tersier lainnya seperti penambahan tanaman, penambahan konsep landscape, penambahan unsur air, memperbaiki fasilitas – fasilitas olahraga, memperbaiki jalur sepeda, memperbaiki toilet, dll.

Desain Masterplan Lapangan Bajra Sandi Renon

Desain Masterplan Lapangan Bajra Sandi Renon

Dalam hal ini akan digambarkan dalam bentuk Layout Plan. Layout Plan ini akan memperlihatkan denah penataan permasing-masing fasilitas lapangan. Gambar Layout plan agar menjadi dokumen proposal pengajuan dana maka akan dibuatkan desain detail permasing – masing bangunan untuk selanjutkan akan diajukan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk pengajuan bantuan penataan Areal Lapangan Bajra Sandi Renon.

Desain sketmatik yang telah dikeluarkan oleh Tim PKM, selanjutnya diajukan kepada Bapak PJ Gubernur Bali, Mahendra Jaya yang menjabat saat ini. Apresiasi yang tinggi diberikan oleh beliau dan sekaligus langsung menindaklanjuti proses desain lapangan Puputan Margarana ini. Beberapa masukan desain salah satunya relokasi toilet menggunakan konsep basement, agar tidak mengganggu visual lapangan, menyediakan area – area bermain catur bagi manula, serta penempatan area komersial yang diznasikan dalam satu zona.(r)

Related Posts