June 24, 2024
Daerah Olahraga

Tepati Janji, Pj. Bupati Lihadnyana Segera Cairkan Anggaran KONI Buleleng

Buleleng-kabarbalihits

Janji Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana,MMA yang akan mengembalikan anggaran KONI Buleleng seperti semula dan bahkan menambahkan anggaran sebesar 1 Miliar yang diucapkan beberapa waktu lalu, akan segera direalisasikan pada Anggaran Perubahan tahun 2023. Ini merupakan apresiasi yang diberikan Pj. Bupati Buleleng atas keberhasilan KONI meraih prestasi dalam ajang olahraga baik tingkat Provinsi, Nasional, bahkan mampu ditinggkat Dunia.

Hal ini diungkapkan dalam sambutan Pj. Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd., saat acara Hari Olahraga Nasional ke-40 tahun 2023 yang diselenggarakan di Taman Kota Singaraja, Jumat (8/9).

Pj. Bupati Lihadnyana mengatakan, KONI Buleleng harus terus berupaya mencetak atlet yang berkualitas sehingga mampu membanggakan Kabupaten Buleleng. Dirinyapun berjanji, akan memprioritaskan anggaran KONI untuk tahun-tahun mendatang.

“Sebagai apresiasi saya akan merealisasikan  anggaran KONI dan menambahkan anggaran sebesar satu miliar rupiah. Demikian halnya untuk anggaran tahun 2024 dan tahun 2025 akan menjadi prioritas kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, Pj. Bupati Lihadnyana juga berjanji akan mengupayakan lahan yang diminta KONI yang berlokasi di Ligkungan Lumbanan, Kecamatan Sukasada.

“Untuk permohonan lahan di Lingkungan Lumbanan, Kelurahan Sukasada saat ini sedang berproses. Sedangkan untuk perbaikan Lapangan Padat Karya, di Sukasada akan kita upayakan tahun ini,” katanya.

Dalam acara terebut juga di isi dengan penyerahan penghargaan kepada atlet berprestasi era tahun 1980 sampai tahun 2000 sebagai apresiasi telah membawa harum nama Kabupaten Buleleng.

Dalam laporan Ketua KONI Buleleng Ketut Wiratmaja menjelaskan, saat ini tercatat sebanyak 44 cabang olahraga yang telah resmi menjadi bagian KONI Kabupaten Buleleng. 5 Cabor masih dalam proses menjadi calon anggota KONI Kab Buleleng. Sementara untuk  9 Kecamatan, masing-masing sudah ditunjuk koordinator KONI kecamatan.

Baca Juga :  Paparkan Progres Pembangunan Badung Selama 4 Tahun, Bupati Giri Prasta Pastikan Program Kesejahteraan Masyarakat Tetap Jalan

“Dalam setiap Porprov Bali, kita patut berbangga karena hingga kini Buleleng menempati peringkat ketiga. Sempat turun peringkat ke peringlat IV namun prestasti itu kembali bisa kita raih pada Porprov di Tabanan dan Kemarin Tahun 2023. Kita memprekokoh di posisi ketiga, mudah-mudahan ke depan bisa kita angkat menjadi ke posisi lebih baik,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, Buleleng mengirim atlet pada PON 2016 Bandung sebanyak 23 orang mewakili Bali. Selajutnya pada PON Papua, Buleleng menyertakan 25 orang atlet. Untuk PON Ke-21 di Aceh dan Sumut, Buleleng hingga kemarin sudah meloloskan sebanyak 40 orang atlet yang akan memperkuat kontingen Bali.

“Jumlah dipastikan akan bertambah, karena kualifikasi PON masih berlangsung hingga November mendatang,” imbuhnya.

Selain itu, tahun ini Buleleng mencatatkan satu orang atlet atas nama Desak Made Rita Kusumadewi dari panjat tebing yang akan bertanding pada olimpiade Paris, Agustus 2024.

“Benih atau penerus Desak juga sudah lahir, spiderwoman kita, Kadek Adiasih yang belum lama ini juga menjuarai kejuaraan internasional di Singapura,” jelasnya.

Ketut Wiratmaja Dalam kesempatan ini juga memohon untuk bapak Pj. Bupati untuk selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh KONI.

“Terimakasih kepada seluruh insan olahraga yang telah bersinergi bersama kami membangun olahraga di Kabupaten Buleleng,” pungkasnya. (r)

Related Posts