April 16, 2024
Pendidikan

PKKMB Unwar 2023, Generasi Muda Antusias Sambut Tahun Akademik Baru di Universitas Warmadewa

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Warmadewa (Unwar) terus mengukuhkan dirinya sebagai pilihan utama di kalangan generasi muda lulusan SMA/SMK yang ingin mengejar pendidikan tinggi. Pada Tahun Akademik 2023/2024 ini, semangat belajar membawa sebanyak 2.352 Warmadewa Muda menjadi bagian dari keluarga besar Unwar. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 resmi dibuka pada tanggal 30 Agustus oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit.

PKKMB tahun ini tak hanya diikuti oleh para mahasiswa baru, tetapi juga melibatkan 200 mahasiswa dari tahun sebelumnya. Dalam kurun waktu 2 hari, para mahasiswa mengikuti serangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan wawasan kebangsaan, memahami sistem pendidikan di Unwar, dan berbagi pandangan tentang proses demokrasi menjelang Pemilu 2024.

Prof. Dr. I Made Suwitra, selaku Ketua Panitia PKKMB, menjelaskan bahwa dari total 2.552 peserta, terdiri dari 2.352 mahasiswa baru dan 200 mahasiswa dari tahun sebelumnya. “Materi yang diberikan melibatkan pihak-pihak penting seperti Kepolisian, Anggota TNI, dan KPU untuk memastikan mahasiswa memahami nilai-nilai kebangsaan dan proses demokrasi,” ujar Prof. Suwitra.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, menggarisbawahi pentingnya PKKMB dalam membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus dan mengembangkan kematangan diri. Dia juga menyoroti pentingnya implementasi nilai-nilai nasional yang menguatkan semangat kemandirian dan kebersamaan di kalangan Warmadewa Muda.

Pelaksanaan PKKMB ini diharapkan menjadi media untuk mengimplementasikan 5 program gerakan nasional revolusi mental, yaitu “Warmadewa yang melayani, bersih, terbtib, mandiri, dan bersatu.”
Prof. Pandit menegaskan bahwa meskipun acara dirancang dengan kegiatan yang menyenangkan, tetapi tetap menekankan pada disiplin dan kesiapan mental untuk menghadapi pendidikan tinggi.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Warmadewa Muda. Dia menegaskan tanggung jawab moral universitas untuk mendidik para mahasiswa sesuai dengan tujuan membangun negeri. Visi Unwar yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global di tahun 2034, akan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara lokal dan internasional.(kbh2)

Related Posts