June 24, 2024
Pendidikan

Perencanaan Penataan Pura Tirta Mas Dan Pasar Agung Di Kawasan Pura Sad Kahyangan Luhur Andakasa, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

Karangasem-kabarbalihits

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Warmadewa yang terdiri dari tiga orang dari disiplin ilmu arsitektur, kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis Masterplan Penataan di Kawasan Pura Sad Kahyangan Luhur Andakasa, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Setelah tahun sebelumnya sukses merencanakan masterplan Pura Penataran Manik Geni di Kawasan Andakasa. Tahun ini kembali tim yang diketuai oleh Ir. I Wayan Wirya Sastrawan, S.T., M.Sc., serta melibatkan dua anggota yaitu Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T. dan Ir. I Wayan Widanan, S.T., M.P.M., termasuk pula melibatkan 2 orang mahasiswa dengan disiplin ilmu yang sama melaksanakan pengabdian berbasis masterplan penataan terhadap dua pura sekaligus, yaitu Pura Tirta Mas dan Pura Pasar Agung. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama 10 bulan dimulai pada bulan Maret 2023 dan berakhir pada bulan Desember 2023.

Pengabdian ini bermula dari kegiatan Pengabdian Fakultas Teknik dan Perencanaan bersama dengan Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2019 di Pura Luhur Andakasa pada tahun 2020 lalu. Dari pengabdian tersebut, menghasilkan sebuah masterplan kawasan Pura Luhur Andakasa. Selanjutnya dilakukan pengabdian kembali di kawasan Pura Luhur Andakasa oleh masing-masing tim dosen di beberapa titik-titik pura yang lingkupnya lebih kecil. Tahun ini, tim dosen ini mendapatkan lokasi titik di Pura Tirta Mas Dan Pasar Agung.

Desain Penataan Fasilitas Penunjang Pura Tirta Mas (Atas) dan Pura Pasar Agung (Bawah)

Desain Penataan Fasilitas Penunjang Pura Tirta Mas (Atas) dan Pura Pasar Agung (Bawah)

Pada saat memulai PKM ini, tim terlebih dahulu melakukan wawancara dengan mitra yaitu I Ketut Deresta, S.H. selaku Kelihan Pura Sad Kahyangan Luhur Andakasa, serta meninjau langsung kondisi di lapangan untuk mendapatkan potensi dalam menyelesaikan permasalahan-permalahan yang diwujudkan dalam keilmuan arsitektur. Hasil data primer tersebut selanjutnya akan dibuatkan rekomendasi desain Masterplan dan DED Penataan Pura Tirta Mas Dan Pasar Agung “Andakasa”.

Baca Juga :  Pujawali di Pura Saptagiri Kencana “Pura Untuk Memuja 7 Gunung di Bali”

Dari hasil data primer tersebut ditemukan beberapa temuan, seperti pada area pura ini belum terdapat lahan parkir. Oleh karena itu, pada masterplan dirancang sebuah lahan parkir yang terletak di sebelah pura yang cukup untuk menampung kendaraan para pemedek pura yang datang. Selain penambahan lahan parkir, penataan area pura berupa pembagian antara nista, madya, utama mandala juga dilakukan karena sebelumnya pembagian wilayah pada Pura Tirta Mas dan Pasar Agung ini belum cukup jelas sehingga perlu didesain penambahan pembatas area pura. Pada bagian utama mandala berusaha tetap dipertahankan seperti kondisi awal pura agar tidak menghilangkan nilai historis dari pura ini. Setelah tahapan desain awal selesai, selanjutnya tim melakukan FGD dengan pihak mitra dan langsung mendapatkan persetujuan. Setelah desain disetujui, selanjutnya hasil dari dokumen PKM ini kemudian diserahkan kepada mitra untuk dapat dibuatkan proposal bantuan kepada pemerintah pusat dan daerah.(r)

Related Posts