October 14, 2024
Pendidikan

Pendampingan Tim PkM Unwar Dalam Penyusunan Desain dan Rencana Anggaran Biaya di Kawasan Pura Madya Giri Weksa Andakasa

Karangasem-kabarbalihits

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PkM) Universitas Warmadewa (Unwar) yang terdiri dari tiga personal dari disiplin ilmu Arsitektur dan Teknik Sipil, menggelar pengabdian kepada masyarakat. PkM berupa pendampingan penyusunan desain dan pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Penataan Fasilitas Penunjang Pura Madya Giri Weksa Andakasa, Karangasem, Bali.

Kegiatan PkM diketuai oleh dosen dari Program Studi Arsitektur yaitu Ar. Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T., IPM dan melibatkan dua anggota yaitu Kadek Tania Utami Putri, S. Ars. MRK dari program studi Arsitektur dan Dr. Komang Ayu Agustini, S.T., M.Eng. dari program studi Teknik Sipil, termasuk melibatkan 2 orang mahasiswa dari disipilin ilmu Arsitektur. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama 8 bulan dimulai bulan Maret 2023 dan akan berakhir pada bulan Oktober 2023.

Pada PkM ini didetailkan penyelesaian permasalahan keteknikan di kawasan di Pura Madya Giri Weksa Andakasa. Pura Madya Giri Weksa Andakasa merupakan salah satu Pura yang termasuk ke dalam areal Kawasan Pura Luhur Andakasa. Adapun beberapa permalahan yang yang berfokus kepada penataan fasilitas penunjang di kawasan Pura Madya Giri Weksa Andakasa antara lain : belum adanya dokumen detail penataan di kawasan utama Pura Madya Giri Weksa Andakasa; kendaraan parkir sembarangan di lahan kosong sekitar Pura dan bahu jalan karena belum adanya area penataan parkir kendaraan; tidak adanya zonasi area/mandala Pura; belum adanya fasilitas penunjang kegiatan kegamaan seperti tempat persiapan sarana upakara; belum adanya penanda yang menjadi landmark kawasan sekaligus penataan landscape/lingkungan kawasan yang menunjang keberadaan Pura Madya Giri Weksa Andakasa yang termasuk ke areal salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat; Belum adanya penataan pemanfaatan potensi view pada kawasan.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Terima Kunker Komisi IX DPR RI

Berdasarkan permasalahan ini, solusi yang ditawarkan Tim PKM antara lain : pembuatan rancangan penataan fasilitas penunjang Pura Madya Giri Weksa Andakasa dalam wujud Layout Plan, perancangan Detail Engineering Drawing (DED) parkir, Bale Pesandekan, Bale Gong dan Landmark, serta perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Diusulkan pula skenario tahapan pelaksanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas berdasarkan perkiraan dana yang didapatkan. “Hasil berupa Desain dan RAB inilah yang akan dijadikan Proposal Pengajuan Dana ke Pemerintah Pusat dan Daerah” pungkasnya. Sedangkan luaran lain dari PkM tahun 2023 adalah publikasi artikel pada Jurnal Nasional BerISSN “Sutramas” FTP Universitas Warmadewa, publikasi video pelaksanaan PkM pada salah satu akun media youtube Tim PkM, publikasi di media massa online, serta menghasilkan HKI dari poster PkM.(r)

Related Posts