July 24, 2024
Ekonomi Nasional

Putu Rudana Apresiasi Penerbangan Perdana Citilink Rute Bali – Papua Nugini, Sebut Momentum Kerjasama Ekonomi & Pariwisata

Badung – kabarbalihits

Beroperasinya Citilink Indonesia rute Bali – Papua Nugini merupakan momentum membangun hubungan dua negara di berbagai bidang khususnya ekonomi dan pariwisata. Demikian ditegaskan Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) saat inagurasi penerbangan internasional Citilink Indonesia rute Bali – , Papua Nugini di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Minggu (2/7). “Tentu, momentum ini tidak hanya meningkatkan konektivitas dua negara tetapi juga mengawal dan saling menjaga kedaulatan kedua negara,” ungkapnya.

Putu Rudana juga menyatakan sangat mengapresiasi inagurasi penerbangan internasional Citilink Indonesia rute Bali – Port Moresby, Papua Nugini. Pesawat Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG598 melakukan penerbangan perdana dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 04.20 Wita. Pesawat dengan tipe Airbus A320 ini, pada penerbangan perdananya mengangkut 45 penumpang menuju Port Moresby. Citilink rute Bali – Port Moresby dijadwalkan akan terbang dua kali dalam seminggu, yakni di hari Kamis dan Minggu. “Saya bangga dan apresiasi terutama Kadin yang mulai aktif, saya harap BUMN hadir di Papua Nugini membangun investasi disana,” paparnya.

Lantas Putu Rudana menegaskan, sebagai Duta Parlemen Indonesia pihaknya mendorong kerja sama Indonesia dengan Papua Nugini termasuk dengan negara-negara di Pasifik. Seiring pesatnya pertumbuhan dan pembangunan serta potensi yang dimiliki Papua New Guinea, Putu Rudana menyebut tidak sedikit warga Papua Nugini yang ingin terbang ke Indonesia dan Bali khususnya.

“Potensi ini cukup besar. Papua Nugini, warganya juga cukup mampu untuk terbang ke luar negeri, mereka ingin ke Indonesia, ingin ke Bali, tapi sebelumnya harus menuju ke Manila, Singapura dan lainnya. Tapi sekarang dengan waktu 4,5 jam mereka sudah bisa langsung ke Bali,”tegasnya, sembari mengatakan bebas visa bagi warga Indonesia ke Papua Nugini sudah dilakukan.

Sebagai informasi, saat ini Citilink melayani dua rute internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yakni menuju Dili dan Port Moresby.

Baca Juga :  Gandeng Perhutani & PTPN III, PLN Optimistis Tingkatkan Bauran EBT melalui Penggunaan Biomassa

Dalam kesempatan yang sama, selain memberikan Apresiasi atas penerbangan perdana Citilink Indonesia ke Port Moresby, Papua Nugini, Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan juga menyebut, dengan beroperasinya rute Bali – Papua Nugini, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 30 rute internasional oleh 36 maskapai. “Sebelumnya, penerbangan menuju Port Moresby dilayani oleh maskapai Air Niugini di tahun 2018,” terangnya.

Penerbangan Bali – Port Moresby lanjut Handy Heryudhitiawan, merupakan momentum bagi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk memperluas rute internasional pasca pandemi. Handy juga mengungkapkan, tahun lalu, Bandara Ngurah Rai melayani 12 juta penumpang pihaknya meyakini tahun ini jumlah tersebut akan meningkat hingga mencapai 20,3 Juta penumpang.

“Kami masih terus melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk terus melakukan penambahan rute internasional. Kami ucapkan selamat kepada Citilink atas penerbangan perdananya ke Papua Nugini. Semoga rute ini terus berkembang dan semakin meramaikan pariwisata di Pulau Bali,” pungkasnya.

Turut hadir pada inagurasi tersebut, Dirut Citilink Dewa Kade Rai, Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Cokorda Ngurah Pemayun, Dirut PT Angkasa Pura I, dan undangan serta steakholder pariwisata. (kbh6)

Related Posts