May 29, 2024
Daerah

Bupati Hadiri HUT Ke-45 ST. Sila Dharma Bersama ST. Sila Karma, Desa Tegal Darmasaba, Abiansemal

Badung-kabarbalihits 

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri puncak perayaan bersama HUT Ke-45 Sekaa Teruna Sila Dharma Banjar Tengah dan Sekaa Teruna Sila Karma Banjar Baler Pasar dengan merajuk tema “Bergerak, Bahu Membahu Melaju Bersama Sila Karmaning Dharma” bertempat di Jaba Pura Dalem Kangin Desa Adat Tegal Darmasaba, Abiansemal, Minggu (27/8). Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD  Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Kab. Badung Ni Luh Putu Sekarini, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa,  Tripika Kecamatan Abiansemal Perbekel Desa Darmasaba Ida Bagus Surya Prabawa Manuaba, Bendesa Adat Tegal Darmasaba I Ketut Artawan, Kaling se-Desa Darmasaba, Kelian Adat se-Desa Darmasaba, Tokoh Masyarakat dan krama Desa Adat Tegal Darmasaba.

Sebagai bentuk perhatian dan dukungan Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana motivasi kegiatan sebesar Rp. 50 juta kepada Sekaa Teruna Sila Karmaning Dharma yang diterima langsung oleh Ketua ST. Sila Dharma Banjar Tengah I Wayan Putra Yasa bersama Ketua ST. Sila Karma Banjar Baler Pasar I Wayan Ery Andika yang disaksikan langsung oleh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu pula Bupati Giri Prasta memberikan sumbangan kepada 10 UMKM yang ikut berpartisipasi pada acara tersebut masing-masing sebesar Rp. 500 ribu.

Sebagai bentuk perhatian dan kecintaannya pada masyarakat Darmasaba, Bupati Giri Prasta dalam sambutannya berjanji untuk segala usulan pembangunan di Desa Darmasaba akan segera direalisasikan pada anggaran Tahun 2024. ”Saya sudah petakan dari 18 Desa yang ada di Abiansemal ini, saya ingin menjaga kerukunan agar bersatu sama dengan tagline/tema yang disampaikan sekaa teruna yaitu Bergerak, Bahu Membahu Melaju Bersama Sila Karmaning Dharma, Ini luar biasa. Saya sampaikan, astungkara sebelum berakhir masa tugas saya selaku Bupati Badung untuk pembangunan milik umum selesai semua,” ucapnya.

Bupati Giri Prasta merasa bangga karena sekaa teruna merupakan agen perubahan/agent of change yang diharapkan agar mampu berbuat yang lebih baik dari sekarang. Banjar itu hanya ada tiga pilar yaitu wimuda (anak SD kebawah), winata (sekaa teruna) yang sudah bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang benar dan wiwerda (orang tua) dan jika ketiganya bersatu maka setengah perjuangan akan berhasil yang diinginkan oleh seluruh masyarakat Darmasaba. “Saya berterima kasih kepada kalian yang sudah melaksanakan Tri Hita Karana semoga kalian betul-betul menjadi panutan dan kalian menjadi generasi penerus, orang bijak belajar dari kesalahan orang lain, orang pintar belajar dari kesalahan dirinya sendiri, orang bodoh tidak akan pernah mau belajar dan selalu menyalahkan orang lain, ini dipedomani, lakukan dengan baik. Dirgahayu Sekaa Teruna Sila Karmaning Dharma semoga kalian kompak,solid dan jaya selalu,” pesannya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Jadi Narasumber Dalam Webinar KIK, Badung Sudah Lakukan Perlindungan Terhadap Hak Cipta Kekayaan Intelektual

Ketua Panitia I Wayan Aling Mirtawan melaporkan bahwa perayaan HUT Ke-45 ST. Sila Karmaning Karma merupakan gabungan dua Sekaa Teruna yaitu ST. Sila Dharma dari Banjar Tengah Yasa dan ST. Sila Karma dari Banjar Baler Pasar yang dirayakan secara bersama-sama. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang sudah memberikan dukungan,bantuan serta motivasi pada puncak perayaan hari ini. Dengan pertambahan usia diharapkan agar ST. Sila Dharma dan ST. Sila Karma semakin kompak dan berjaya kedepannya sesuai tema yang diangkat,” lapornya.(r)

Related Posts