October 14, 2024
Ekonomi

Semakin Tumbuh dan Berkembang dengan Aset Mencapai 244 milyar Rupiah, Koperasi Kuta Mimba Selenggarakan Diklat Anggota

Badung – kabarbalihits

Koperasi Kuta Mimba menyelenggarakan diklat anggota bertempat di Kantor Pusat,Jalan Sriwijaya No. 18, Legian – Kuta, Sabtu (1/7). Diklat yang diikuti oleh sekitar 100 peserta dimaksdukan untuk mensosialisasikan keberadan dan berbagai layanan Koperasi Kuta Mimba sebagai koperasi modern di Bali.

Ketua Pengurus Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Punia, S.Pd., mengatakan, diklat pendidkakn untuk anggota khususnya bagi anggota baru, dimaksudkan untuk mensosialisasikan keberadan Koperasi Kuta Mimba sehingga anggota mengetahui dan paham seperti apa keberadaan Koperasi Kuta Mimba.

“Dengan pengetahuan yang cukup tentang koperasi, diharapkan anggota itu memiliki rasa memilikii yang kuat sehingga terdorong dan termotivasi untuk bisa berkontribusi maksimal untuk bersama-sama besarkan koperasi kuta mimba. Dan Ini juga merupakan agenda rutin sesuai dengan amanat pada prinsip-prinsip koperasi yaitu pendidikan koperasi” ujarnya.

Nyoman Punia menjelaskan, sampai saat ini anggota Koperasi Kuta Mimba, sudah lebih dari 7600 orang yang tersebar di seluruh Bali, dengan petumbuhan aset yang terus meningkat, dimana pada tahun 2021 aset yang dimilki sebesar 186 miliar, dan pada tahun 2023 ini aset sudah mencapai 244 milyar rupiah lebih.

“Dengan pertumbuhan positif yang dimiliki, Koperasi Kuta Mimba terus melakukan berbagai inovasi-inovasi layanan dan produk unggulan koperasi untuk mengokohkan keberadaan Koperasi Kuta Mimba sebagai koperasi modern, memiliki tata kelola yang baik, dan memnfaatkan IT sebagai tuntutanh era digital seperti saat ini” imbuhnya.

kuta mimba2

Ditambahkannya, pada serangkaian Hari Koperasi Indonesia yang ke-76, Koperasi Kuta Mimba sudah melaksanakan serangakain kegiatan, seperti pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi, dimana sekolahnya ikut pada program simpanan siswa yang kita miliki disamping pemberian beasiswa kepada siswa yang ikut menabung pada program simpanan siswa.

Selain itu Koperasi Kuta Mimba juga malaksanakan kegiatan lainnya, seperti kegiatan sosial berupa donor darah yang dikolaborasikan dengan turnamen tenis meja yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 juli.

“Acara turnamen tenis meja ini diperuntukkan untuk wilayah Samigita meliputi Seminyak, Kuta dan Legian sebagaimana sejarah berdirinya kperasi, hal ini sekaligus sebagi napak tilas lahirnya Koperasi Kuta Mimba yang berdiri pada tanggal 9 februari 1983, yang sampai saat ini berumur 40 tahun masih tetap eksis dan berjaya” ucapnya.

Untuk menyongsong tahun ajaran baru, Koperasi Kuta Mimba juga mmiliki program spesial, dimana bagi para anggota yang memerlukan alat transportasi sepeda motor bagi putra- putrinya, Koperasi Kuta Mimba memberikan program gebyar kepemilikan sepda motor dengan uang muka yang sangat rendah dan bunga yang ringan hanya 1,2 persen sudah bisa memiliki kendaran yang dibutuhkan.

kuta mimba3

Sementara Manager Utama Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Widya Arta, S.E., mengatakan, sebagai tindak lanjut apa yang menjadi tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan bersama, Koperasi Kuta Mimba sebagai koperasi modern sudah melakukan berbagai langkah yang luar biasa dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada anggotanya.

Banyak hal yang sudah dilakukan Koperasi Kuta Mimba kepada anggotanya, dengan memberikan pelayanan yang maksimal, dimana Koperasi Kuta Mimba sebagai koperasi modern sudah meningkatkan layanan kepada anggota, khususnya layanan digital yang tidak kalah dengan Bank Nasional sebagai strategi untuk mengembangkan koperasi.

“layanan digital ini sudah mebuahkan hasil yang sangat baik, dimana pada saat covid kita bisa terus bertahan karena layanan digital yang kita berikan. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong menarik dananya ke koperasi, karena sudah bisa memanfaatkan layanan digital dengan mengambil uangnya disemua ATM bank yang ada, melalui kuta mimba mobile dengan mentransfer uangnya ke bank lainnya” ujarnya

Lebh lanjut dijelaskan, masyarakat tidak khawatir untuk menempatkan dananya di Koperasi Kuta Mimba karena dananya sudah bisa di transaksikan untuk semua kebutahan, seperti transfer dana antar koperasi atau ke bank nasioanl, maupun pembayaran berbagai kebutuhan lainnya. “Inovasi digital yang telah dilakukan selama ini menyebabkan aset kita semakin bertumbuh, dari 186 milyar dimasa covid, saat ini menjadi 244 milyar lebih. Dan ini merupakan hal yang sangat luar bisa” jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Nataru dan Hari Raya Galungan, TPID Badung Pantau Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok

Nyoman Widya Arta menambahkan, Aplikasi Kuta Mimba Mobile yang kita buat memiliki kelebihan dibandingkan layanan sejenis lainnya. Didalam Kuta Mimba mobile ini, anggota bisa mendaftarkan usahanya sebagai merchant dengan menampilkan produknya pada aplikasi kuta mimba mobile dan bisa dilihat oleh semua anggota atau masyarakat yang sudah mengunduh aplikasi ini, sehingga bisa saling mendukung usaha-usaha yang dimiliki oleh anggota Koperasi Kuta Mimba.

Cornelis salah seorang anggota Koperasi Kuta Mimba sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Koperasi Kuta Mimba khsusunya dalam bidang digitalisasi.”Saya sudah menggunakan aplikasi ini selama kurang lebih 4 tahun dan sangat membantu serta mempermudah saya dalam melakukan berbagai transaksi. Saya harapkan Koperasi Kuta Mimba dapat terus berinovasi sehingga terus memberikan pelayanan terbaik kepada anggotanya” ujarnya. (kbh5)

Related Posts