October 28, 2024
Pendidikan

Mahasiswa WIP FS Unwar “Batch 13” Berasal Dari 5 Negara

Denpasar-kabarbalihits

Warmadewa International Program (WIP) yang diselenggarakan Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (FS Unwar) kembali menerima mahasiswa baru kelas internasional. Mahasiswa baru kelas internasional angkatan ke-13 ini diterima secara resmi dalam acara “Orientation Day” WIP Bacth 13 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Warmadewa, Senin (3/4/2023).

Kali ini jumlah mahasiswa baru internasional sebanyak 47 orang yang berasal dari 5 negara berbeda. Diantaranya, Jumlah Prancis 12 orang, Jerman 25 orang, Jepang 1 orang, Swedia 2 orang, dan Belanda 7 orang. Seluruh mahasiswa internasional ini akan mengikuti WIP selama 1 semester, dari 3 April hingga 21 Juli 2023.

Dekan FS Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum., mengaku bersyukur karena WIP FS Unwar terus bisa terlaksana secara berkelanjutan. Hal ini tidak terlepas dari pelayanan profesional yang diberikan kepada mahasiswa internasional selama ini. Dikatakan, telah disiapkan beberapa agenda pembelajaran. Tidak saja di dalam kelas, namun juga ada program lain berupa workshop, lecture, excursion, dan holiday. Dalam workshop mahasiswa internasional akan diberikan latihan tari Bali, gamelan, belajar masak khas Bali, dan membuat canang untuk mahasiswi. Dalam workshop ini juga akan mengkolaborasikan mahasiswa FS Unwar. Sehingga terjadi sharing pengetahuan, pengalaman dan budaya masing-masing.

Dikatakan, sejak dikembangkan pada tahun 2017, WIP sangat bermanfaat dalam pengembangan atmosfer akademik di Unwar. Sebab, melalui kelas internasional ini mahasiswa Unwar dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa kelas internasional. Interaksi ini tentu dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa, baik dari segi peningkatan berbahasa inggris maupun mengetahui budaya negara-negara eropa.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan WIP FS Unwar sangat diminati oleh mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Pasalnya, selain mahasiswa internasional diberikan pendidikan ilmu pengetahuan, mereka juga dikenalkan tentang budaya, seni dan kuliner yang ada di Bali. Sehingga, setelah selesai mengikuti WIP, mereka memiliki wawasan dan pengetahuan yang dapat disumbangsihkan di kampus negara mereka masing-masing. Diharapkan, WIP FS Unwar terus dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya. Apalagi, tahun depan Unwar akan mengembangkan class internasional program degree.

Baca Juga :  Kecewa Rekomendasi Pilkada , 57 Kader Golkar Badung Kompak Mundur

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengapresiasi atas terus terlaksananya WIP yang diselenggarakan FS Unwar. Menurutnya, program ini sesuai dengan salah satu visi Unwar, yaitu go global tahun 2034. Diharapkan, kehadiran mahasiswa internasional ini bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan adat dan budaya Bali, serta iklim akademik Unwar. Di samping juga untuk membangun jejaring dengan universitas asal dari mahasiswa internasional ini. Sehingga, tercipta kolaborasi antara mahasiswa lokal dengan mahasiswa internasional. “Ini adalah bagian dari diplomasi budaya, di samping juga diplomasi pendidikan, sehingga kerjasama internasional terus bisa kita tingkatkan kualitas dan kuantitasnya,” pungkasnya.(r)

Related Posts