October 14, 2024
Politik Sosial

Wayan Suyasa Penuhi Uleman Karya Pujawali Merajan Pasek Aan dan Dalem Tarukan Desa Jagapati

Badung -Kabarbalihits

Sosok Wayan Suyasa sebagai figur wakil rakyat yang konsisten membantu masyarakat kembali terbukti. Selasa 20 Desember 2022 politisi inovatif yang akrab disapa WS ini memenuhi undangan masyarakat di Kecamatan Abiansemal, tepatnya di Banjar Sibang Desa Jagapati. Wayan Suyasa menghadiri Pujawali di Merajan Pasek Gelgel Aan dan Pura Panti Dalem Tarukan didampingi Anggota DPRD Badung Gede Suardika dan tokoh masyarakat Abiansemal IGN Jelantik Trinaya.

Selain mengapresiasi krama nangun yadnya berlandaskan manah suci nirmala dengan semangat kebersamaan sagilik saguluk salunglung sabayantaka, sebagai wujud cihne bakti dan motivasi Wayan Suyasa ngaturang punia Rp 22 juta dengan rincian Rp 7 juta di Merajan Pasek Gelgel Aan dan Rp 15 juta di Pura Panti Dalem Tarukan. Dan Anggota DPRD Badung Gede Suardika menyerahkan bantuan untuk Bala Praja Dalem Tarukan sebesar Rp 5 juta.

Kehadiran Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa di Pura Panti Dalem Tarukan disambut antusias ratusan Para Gotra Sentana Dalem Tarukan yang memadati pura tersebut. Mengawali sambutannya Wayan Suyasa menyampaikan terima kasih atas undangan krama yang disampaikan kepada dirinya selaku wakil rakyat di DPRD Badung.”Matur suksma majeng prajuru dan krama sareng sami sampun ngicen pemargi titiang magendu wirasa, menyerap aspirasi,”ucapnya.

Politisi Partai Golkar tiga periode di DPRD Badung ini juga menjelaskan kehadirannya di Pasemetonan Dalem Tarukan ini tidak ada bicara politik praktis, murni memenuhi kewajiban selaku wakil rakyat yakni menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat meski diakuinya dirinya berasal dari dapil Kecamatan Mengwi.” Setelah kami dilantik menjadi anggota DPRD Badung bersama 40 orang lainnya. Kami ini adalah DPRD nya masyarakat Badung, tidak ada lagi DPRD Mengwi, DPRD Abiansemal yang ada DPRD Badung yang berkewajiban membantu meringankan beban masyarakat dari Kecamatan Petang hingga Kecamatan Kuta Selatan,”jelasnya.

Baca Juga :  Adhi Mahendra Putra Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Puluhan Anak Yatim

Sebagai bagian Pemerintah Kabupaten Badung, Wayan Suyasa juga memuji program yang sudah dijalankan Bupati Giri Prasta dalam membantu masyarakat melalui pemberian berbagai bantuan sebagai kebijakan yang pro rakyat. Lantas Wayan Suyasa juga memberikan apresiasi kebersaman krama pengempon dalam pelaksanaan yadnya ini mengedepankan kebersamaan melalui konsep sagilik saguluk sabayantaka medasar manah suci nirmala tulus ihklas. “Persatuan yang sudah bagus ini mari kita jaga dan ditingkatkan. Jangan karena kehadiran oknum yang memiliki kepentingan sesaat merusak persatuan dan kesatuan krama atau pasemetonan disini,”ajaknya.

Secara khusus Wayan Suyasa menyatakan turut ngrastiti bakti pujawali di Pura Panti Dalem Tarukan Banjar Sibang Desa Jagapati. “Dumogi melarapan bakti puniki. Ida Sesuhunan ledang mapaica kerahayuan lan kerahajengan mangda krama ring kauripan soang -soang naler nincap,”harapnya. Sebagai wujud cihna bakti dan motivasi, Wayan Suyasa Ngaturang punia Rp 15 juta dengan rincian Rp 10 juta untuk pujawali dan Rp 5 juta untuk yowana.
Sementara, Ketut Latra selaku Penglingsir Para Gotra Sentana Dalem Tarukan Banjar Sibang Desa Jagapati atas nama krama menyampaikan terima kasih atas kehadiran serta punia yang diberikan Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. “Dumogi napi sane kaaptiang Pak Wayan Suyasa kedepan ngemolihang pemargi becik saking Ida Sesuhunan. Dumogi naler Pak Suyasa Jayanti ring 2024,”ujarnya.

Sementara saat hadir pada Pujawali di Merajan Pasek Gelgel Aan Banjar Sibang Desa Jagapati, selain ngaturang punia Rp 7 juta, Wayan Suyasa diharapkan juga dapat membantu perbaikan bale gong di merajan yang diempon 75 KK tersebut. Atas aspirasi tersebut Ketua DPD Partai Golkar Badung ini menyatakan kesiapannya untuk membantu semaksimal mungkin denga bantuan dana pemerintah melalui pengajuan proposal. “Kami mohon krama untuk membuat proposal, karena ini merupakan uang rakyat yang dikelola pemerintah. Kami akan berupaya semaksimal mungkin memperjuangkan untuk pembangunan bale gong ini,”tegasnya.

Baca Juga :  Pujawali Pura Luhur Uluwatu, Pemedek Diingatkan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sementara mewakili pengempon Merajan Pasek Gelgel Aan Banjar Sibang Desa Jagapati, I Made Kota sangat berterima kasih atas kesediaan Wayan Suyasa untuk hadir dan ngaturan punia pada Pujawali di Merajan Pasek Gelgel Aan ini. Secara spontan Made Kota menyatakan kesiapannya bersama krama untuk mendukung langkah politik Wayan Suyasa kedepan khusunya di tahun 2024. “Titiang sareng semeton iriki, siap mendukung dan memenangkan Pak Suyasa munggah dados Badung 1,”tegasnya. Kbh6.

Related Posts