October 27, 2024
Pendidikan

Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi (2022-2027) Dilantik, “Jengah” Akan Dirikan Fakultas Kedokteran

Denpasar-kabarbalihits

Yayasan Pendidikan Widya Kerthi yakni badan hukum penyelenggara di Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kini telah berganti pengurus. Saat dilantik, senin (21/11), Kolonel Purn. Dr. Drs. Dewa Ketut Budiana, M.Fil yakni selaku Ketua Yayasan yang baru menyatakan “Jengah” untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

Pengurus beserta pengawas Yayasan Pendidikan Widya Kerthi masa bakti 2022-2027 dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Widya Kerthi. Dalam kesempatan tersebut, Wisnu Bawa Tenaya menyatakan, di bawah kepengurusan Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Unhi Denpasar harus semakin lebih maju ke depannya. Untuk mencapai itu, penguatan sumber daya manusia (SDM) harus diutamakan.  Di samping juga kolaborasi antara yayasan dan Rektorat Unhi Denpasar harus semakin solid memajukan pendidikan berbasis agama Hindu. Sehingga, semakin banyak lahir kajian-kajian akademis yang bermanfaat untuk pengembangan PHDI.

Selain itu, lulusan SDM Unhi Denpasar juga harus mampu mengamalkan Pancasila dan mampu menjunjung tinggi kebhinekaan. Dengan demikian, lulusan Unhi Denpasar akan mampu bersaing untuk menduduki posisi terhormat ditingkat regional, nasional, bahkan internasional.

“Kerjasama juga harus dikembangkan, prodi-prodi dan fakultas juga harus dikembangkan lebih luas lagi. Contohnya kita ingin punya Fakultas Kedokteran Ayurweda dan seterusnya. Begitu juga dengan pengembangan fakultas lainnya, sehingga Unhi bisa menelorkan sarjana yang sujana dari berbagai aspek bidang ilmu untuk membangun, khususnya mambangun umat kita lebih baik ke depan,” pesan Wisnu Bawa Tenaya seusai pelantikan bertempat di Aula Taman Asoka Unhi Denpasar.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., mengatakan bahwa hal yang terpenting dalam pelantikan ini adalah semakin meningkatnya sinergi dan kolaborasi antara yayasan dan Unhi Denpasar untuk mencapai kemajuan yang lebih baik. Apalagi, Unhi Denpasar akan taat dan patuh dalam melaksanakan statuta yang dicanangkan oleh Yayasan Pendidikan Widya Kerthi dalam pengembangan Unhi Denpasar. Dikatakan, tantangan globalisasi, transformasi digital, dan bonus demografi akan menjadi fokus utama dalam pengembangan pendidikan Unhi Denpasar. “Dengan era digital saat ini, transpormasi digital wajib kita laksanakan, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien,” tandas Prof. Damriyasa.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi Masa Bakti 2022-2027, I Dewa Ketut Budiana, mengatakan untuk mencapai visi dan misi Unhi Denpasar, Yayasan akan menyusun kebijakan yang tidak keluar dari AD/ART. Bahkan, program ke depan yayasan juga akan menyusun beberapa aturan-aturan yang akan digunakan sebagai payung hukum oleh Unhi Denpasar dalam meningkatkan pendidikan SDM Unhi Denpasar.

“Kita juga akan tetap mempertahankan program yang sudah baik namun juga akan membuat program baru seperti akan melakukan perubahan di beberapa Prodi tentunya Prodi yang dibentuk adalah program studi yang nantinya akan membawa kemajuan di masyarakat,” ujarnya.

Sementara terkait dengan keinginan dari dewan pembina untuk membentuk Fakultas Kedokteran, direspon ketua yayasan dengan cepat.

“Pokoknya dalam waktu dekat kita akan bekerjasama dengan beberapa universitas untuk mewujudkan itu. Karena terus terang saja, kita jengah!! Karena yang lain bisa kenapa kita tidak bisa,” ujarnya sembari meminta dukungan dari semua umat Hindu untuk turut berdoa dan mensukseskannya.

Baca Juga :  PKM Unwar “Pemberdayaan Kelompok Usaha Jajanan Tradisional Kiping Nirmala Di Desa Canggu

Kol. CAJ (Purn) Dr. Drs. I Dewa Ketut Budiana, M.Fil., merupakan Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi masa bakti 2017-2022 dilantik menjadi Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi masa bakti 2022-2027 menggantikan Prof. Dr. Phil. I Ketut Ardhana, MA. masa bakti 2017-2022. Sementara Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi masa bakti 2022-2027 yang dilantik, yakni I Gusti Agung Paramita, S.Ag.,M.Si. Ketua Pengawas Dr. I Gde Made Sadguna, SE.,MBA. (kbh2)

Related Posts