October 14, 2024
Daerah Seni Budaya

Krama Banjar Adat Pande Antusias Laksanakan Pujawali di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Bualu

Badung-kabarbalihits

Desa Adat Bualu, Kelurahan Benoa, Nusa Dua, Kabupaten Badung melaksanakan Pujawali di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Bualu, pada rahina Soma Wage, Wuku Dukut yang bertepatan dengan Purnama Kapat (10/10/2022).

Dimana dari 8 Banjar Adat yang ada di Desa Adat Bualu, Banjar Adat Pande berkesempatan menjadi pelaksana berlangsungnya Pujawali tahun ini.

Pujawali diawali dari rangkaian mepeed menuju Pura Desa lan Puseh Desa Adat Bualu, dan nedunang Ida Betara dilanjutkan prosesi Mesucian ke Pura Beji Toya Hening.

Ketua Panitia, sekaligus Kelian Adat Banjar Pande, I Ketut Nesa menyampaikan, rangkaian Pujawali ini telah berlangsung sejak 6 Oktober 2022, dan krama Banjar Adat Pande sebanyak 300 KK dinilai sangat antusias menyambut Pujawali pada Purnama Kapat ini yang berlangsung hingga 12 Oktober 2022.

“Krama Banjar Pande antusias luar biasa pekedek pekenyung untuk melaksanakan Upacara Pujawali, yang selesainya nanti nyejer pada tanggal 12 Oktober,” kata I Ketut Nesa, di sela-sela Upacara.

Pada Pujawali ini dipuput oleh Ida Pandita dari Griya Sila Giri, Bualu. Banjar Adat Pande juga mempersembahkan tari wali dan mementaskan tarian maskot Desa setempat.

Pelaksanaan secara bergilir yang dilakukan tiap Banjar Adat ini merupakan tradisi tiap tahunnya. Tidak hanya rangkaian Pujawali di Pura Desa lan Puseh, krama Banjar Adat juga dilibatkan pada Upacara di Pura Dalem Kahyangan, Pura Penataran, dan Melasti.

“Itu satu Banjar dalam setahun, rangkaiannya begitu. Lagi tahun depan Banjar lain yang melaksanakan,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh krama Banjar Adat Pande dan Bendesa Adat Bualu, I Wayan Mudita yang telah memberikan donasi kepada Banjar Adat Pande sehingga Upacara dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan setelah Pujawali ini, semangat krama Banjar Adat tidak luntur dan Pemerintahan Desa bisa memberikan subsidi kepada pelaksana Upacara Pujawali agar tidak menjadi beban bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pujawali dan Pelantikan Prajuru Banjar Adat Buana Kubu Kedatangan De Gadjah, Murni Bukan Urusan Politik

Pada kesempatan Pujawali ini Bendesa Adat Bualu, I Wayan Mudita, SH juga berharap pandemi Covid yang telah mewabah dua setengah tahun lalu cepat berlalu, agar masyarakat di Desa Adat Bualu kembali beraktivitas dengan normal. Serta dapat menyukseskan perhelatan G20 di Nusa Dua.

“Besar juga harapan kami, dengan seluruh masyarakat Desa Adat Bualu ingin juga menyukseskan G20 yang akan menjadi perhelatan dunia di Nusa Dua, khususnya di Desa Adat Bualu semoga bisa berjalan baik dan lancar,” harap Jero Bendesa. (kbh1)

Related Posts