October 14, 2024
Pendidikan

Fakultas Farmasi Gelar Yudisium Ke 12 : Lulusannya Tidak Ada Yang Menganggur

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menggelar yudisium yang ke-12, Rabu (24/8), bertempat di Aula Ganeca, lantai 4 gedung rektorat Unmas Denpasar. Yudisium kali ini diikuti sebanyak 92 orang, yang terdiri dari 91 lulusan D3 Farmasi dan 1 orang lulusan S1 Farmasi.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Farmasi Unmas Denpasar, apt. I Made Agus Sunadi Putra, S.Si.,M.Biomed mengatakan, dari keseluruhan lulusan pada yudisium kali ini hampir 70% sudah bekerja. “Bahkan lowongan pekerjaan untuk lulusan Farmasi Unmas hingga saat ini masih terus berdatangan ke fakultas yang menunjukkan kepercayaan dunia industri kepada lulusan Fakultas Farmasi Unmas sangat baik,” papar Sunadi Putra.

Sementara dengan diraihnya akreditasi baik sekali untuk program studi D3 Farmasi juga menjadi dasar kepercayaan badan pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan Kementerian Republik Indonesia untuk menunjuk Fakultas Farmasi Unmas Denpasar sebagai salah satu penyelenggara program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) bagi tenaga kesehatan kefarmasian.

“Fakultas Farmasi Unmas Denpasar menyelenggarakan pendidikan ahli madya farmasi atau Diploma 3 Farmasi serta sarjana farmasi dalam rangka mengisi salah satu formasi atau posisi dalam pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kefarmasian yang lingkup kerjanya melaksanakan pekerjaan kefarmasian yang meliputi produksi, distribusi, peracikan dan menyerahkan perbekalan farmasi termasuk obat, alat kesehatan serta kosmetika kepada pasien,” imbuhnya.

Dekan menegaskan, lulusan Fakultas Farmasi Unmas Denpasar di samping dicetak untuk mengisi formasi atau posisi dalam pelayanan kesehatan, juga disiapkan sebagai marketing farmasi yaitu sebagai Medical Representative yang berfungsi dalam memberikan informasi tentang produk obat-obatan dari Industri farmasi kepada dokter, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya. Di samping itu lulusan fakultas farmasi unmas Denpasar juga dibekali dengan kemampuan berwirausaha terutama wirausaha di bidang farmasi.

Baca Juga :  DPRD Kabupaten Badung Gelar Rapat Paripurna, Fokus Bahas Ranperda tentang Pelestarian Tanaman Lokal Bali

“Untuk menunjang kompetensi tersebut Fakultas Farmasi Unmas Denpasar telah menyiapkan dan terus meningkatkan kuantitas maupun kualitas sarana prasarana untuk pembelajaran, baik pembelajaran teori maupun pembelajaran praktek di laboratorium serta menjalin kerjasama dengan beberapa apotek, rumah sakit serta instansi kesehatan lainnya sebagai tempat magang atau praktek kerja lapangan,” pungkasnya.

Tampil sebagai lulusan terbaik program studi D3 Farmasi adalah yang pertama Ni Kadek Cintya Pramesti Dewi dengan indeks prestasi 3,93. Lulusan terbaik kedua diraih oleh Ni Made Putri Kariasih, dengan indeks prestasi 3,83, dan lulusan terbaik ketiga diraih oleh Ni Luh Ayu Widiani, dengan indeks prestasi 3,81.(kbh2)

Related Posts