October 27, 2024
Pendidikan

Berkolaborasi, Fisip Unwar Gelar Kuliah Umum Rangkai HUT Kemenlu RI ke 77

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Warmadewa (Unwar) terpilih menjadi salah satu penyelenggara kuliah umum yang diprakarsai oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, jumat (19/8). Kegiatan ini digelar dalam rangka HUT Kementerian Luar Negeri yang hampir bersamaan dengan HUT kemerdekaan RI ke 77.

Kuliah Umum dibuka langsung secara daring oleh Menteri Luar Negeri, H.E Retno Marsudi. Secara daring pula Rektor Unwar, Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp. ParK mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dalam bentuk kuliah umum ini sangat penting bagi Universitas Warmadewa secara khususnya dan untuk Bali pada umumnya, mengingat sejalan dengan visi Unwar yaitu Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global.

Ditambahkan Rektor, salah satu tugas Kementerian Luar Negeri adalah menjadi garda terdepan Indonesia melalui diplomasi dan diharapkan juga dapat berkolaborasi dengan dunia kampus, utamanya dalam meningkatkan kerja sama internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi jembatan budaya dalam memperkuat politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif melalui karya-karya akademik.

“Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Untuk Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia semoga dapat mewujudkan wibawa diplomasi Indonesia di mata dunia,” ujar Prof. Widjana.

Tampil sebagai ketua panitia dalam kuliah umum, A.A. Gede Brahmantya Murti, S.IP., MPA yang menyatakan apresiasinya atas kuliah umum serentak yang digagas oleh kementerian Luar Negeri ini.

“Dan peserta kita buka juga tidak hanya dari internal Universitas Warmadewa saja, namun juga diikuti oleh mahasiswa beberapa Universitas lain di Bali,” ucapnya.

Dari kuliah umum ini menurut Brahmantya akan menjadi suatu pengenalan awal bagi peserta, khususnya bagi mahasiswa Universitas Warmadewa.

Baca Juga :  Unwar Jalin Kerjasama dengan Pemkab Raja Ampat

“Mereka bisa mengenal terkait dengan adanya kementerian luar negeri, bagaimana substansinya, bagaimana perannya dalam menjaga negara melalui diplomasinya, dan ini merupakan kesempatan yang baik untuk saling bertukar pikiran,” imbuhnya.

Selain itu kegiatan ini juga menjadi suatu pengalaman yang baik tidak hanya untuk bagi peserta atau mahasiswa, namun juga bagi internal Fisip Unwar untuk bisa selalu menambah keilmuan dalam kaitan pengembangan lembaga serta pengembangan kualitas mahasiswa.

Sementara dalam kuliah umum yang berlangsung di Merdeka Hall, Warmadewa College, Denpasar ini langsung diberikan oleh Plt. Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementrian Luar Negeri , Achsanul Habib sebagai narasumber. Habib memberikan materi terkait dengan hubungan luar negeri dan politik luar negeri dengan dinamika global.

“Harapan Kita tentu kerjasama dengan Universitas Warmadewa bisa terus meningkatkan kepedulian pengetahuan khususnya kepada mahasiswa tentang bagaimana pemerintah Indonesia menjalankan diplomasi dan menjalankan politik luar negeri untuk kepentingan bangsa,” ujarnya.

Kuliah umum dilaksanakan serentak di 37 provinsi se Indonesia. Sementara peserta yang mengikuti kuliah umum di Fisip Unwar ini dibatasi hanya 110 orang.(kbh2)

Related Posts