October 14, 2024
Pendidikan

Program PKM Universitas Warmadewa Beri Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Penenun Songket Arta Sedana Sidemen

Karangasem – Kabarbalihits

Meningkatkan daya saing dan meningkatkan kualitas sekaligus memperluas pangsa pasar tenun songket ditengah gempuran songket cetak, Universitas Warmadewa (Unwar) melalui  Program Kemitraan Masyarakat memberikan pelatihan kepada kelompok Penenun Arta Sedana Sidemen Karangasem, Rabu (20/7).

Ketua Pelaksana, IA Cynthia Saisaria Mandasari,SE.,MM memaparkan, pendampingan dilakukan  untuk meningkatkan daya saing para penenun songket ditengah menjamurnya penjual songket cetak yang da dipasaran. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperluas pangsa pasar konsumen songket tenun di masa pandemi Covid-19 ini.

“Program kemitraan rutin dilaksanakan Unwar kepada masyarakat sesuai potensi di daerah yang ada,”ucapnya

Kelompok Penenun Arta Sedana kata IA Cynthia Saisaria  menjadi mitra yang disasar dalam Program Pengabdian kepada masyarakat Universitas Warmadewa , karena kelompok ini sangat terdampak dari Pandemi Covid-19. Dimana konsumen sangat menurun karena beralih membeli songket cetak melalui online.

“Kelompok ini  beranggotakan 50 orang,  mengerjakan berbagai motif songket dan endek. Mitra dari kelompok  ini merupakan manufaktur penjual songket dan endek, target pasarnya adalah wisatawan lokal maupun mancanegara,”terangnya

Kendala yang dihadapi  Kelompok Penenun Songket Arta Sedana Sidemen  adalah menurunnya penjualan di masa Pandemi Covid-19 . Hal ini juga dikarenakan kebutuhan penggunaan kain songket pada acara-acara resmi saat ini banyak dialihkan pada acara online sehingga terjadi penurunan penjualan. Kurangnya pemahaman,teknik pemasaran serta apa yang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan menjadi salah satu materi pendampingan yang diberikan dalam tim PKM Unwar.

Baca Juga :  Jessica Iskandar Laporkan Penyidik Polda Bali, Dirreskrimum Polda Bali : Tidak Ada Prosedur Yang Dilanggar

“Kami juga berupaya memperluas pangsa pasar termasuk cara mengatasi perselisihan yang terjadi dengan konsumen. Metode pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan bimbingan dan pendampingan untuk mengatasi permasalahan mitra, sehingga diharapkan kelompok Pertenunan Arta Sedana dapat meningkatkan penjualan dengan memperluas pangsa pasar melalui digital marketing,”harapnya.(r)

Related Posts