October 27, 2024
Daerah

Bupati Giri Prasta Buka Parum Sabha Panditha MGPSSR Badung

Badung – kabarbalihits

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Umum Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali secara resmi membuka Parum Sabha Panditha dan Dharma Patni Kabupaten Badung tahun 2021 di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Minggu (27/6). Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutin MGPSSR di Kabupaten Badung yang kali ini disebut Parum Sabha Panditha dan Dharma Patni.

Sabha Panditha ini adalah rapat koordinasi para Sulinggih, Ida Pandita Mpu Nabe bersama-sama Ida Pandita Mpu untuk menyamakan persepsi. Dengan tujuan untuk melaksanakan program kegiatan atau ayah-ayah melayani umat, khususnya umat pasemetonan. Dharma Patni ini sebagai kelompok ibu-ibu MGPSSR.

Nantinya dharma patni akan membuat program yang sejalan dengan program dari Pemkab Badung. Seperti membuat program taman bumi banten untuk mendukung kegiatan upakara dan upacara, program menjadi serati, program PAUD/TK Hindu berbahasa Ibu dan banyak hal lain yang akan dilakukan.

“Ini adalah program di MGPSSR, termasuk Sabha Yowana dan Sabha Welaka juga kita ada. Kami juga miliki Jaga Baya Pasek dan Jaga Baya Dulang Mangap. Kita sudah persatukan semua untuk betul-betul kita harus bangkit, bergerak, berjuang bersama melalui semeton Pasek untuk Bali,” jelasnya.

Selaku pemerintah, Bupati Giri Prasta mengatakan sudah barang tentu memberikan fasilitasi kepada semua klan dengan konsep Vasudhaiva Kutumbakam (kita adalah saudara), yang disebutkan dalam Bagawadgita.

“Misalkan kalau bicara tentang Sulinggih, kita sudah ada klan di Bali ini dan tidak pernah hilangkan itu. Contoh kalau sulinggih medwijati, klannya Ida Bagus itu namanya Ida Pedanda, kalau para Dewa namanya Ida Bhagawan, kalau para Arya, Gusti namanya Rsi Agung, kalau semeton Pande namanya Sri Mpu Pande, dan Pasek namanya Ida Panditha Mpu, kalau di Puri itu sebenarnya Ida Dalem. Inilah perlu kita mengembalikan wed, untengnya bali. Kita hanya meluruskan dan jangan ada lagi kotak-kotak urusan yang ada di Bali ini,” jelasnya.

Ketua Harian MGPSSR Kabupaten Badung Gde Eka Sudarwitha menyebutkan parum sabha panditha dan dharma patni MGPSSR Badung ini bertujuan untuk memantapkan program kegiatan lima tahun kedepan mengenai upacara panca yadnya di kabupaten badung khususnya di pasemetonan MGPSSR.

Dijelaskan, program yang telah dilaksanakan yaitu pelatihan pemangku yang diikuti tidak hanya oleh pemangku dari pasemetonan pasek, juga dilakukan untuk pemangku lintas semeton. Disampaikan pula, pihaknya juga telah membentuk Pasikian Krama Istri (Pakis) Desa Adat, hal ini muncul dari para istri Bendesa se-Badung. “Hal ini bertujuan meningkatkan sradha bhakti umat terintegrasi dengan Desa Adat kita di Badung,” imbuhnya. 

Baca Juga :  Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Pasar, Kelurahan Sumerta Lakukan Monitoring dan Sosialisasi Protokol Kesehatan Berniaga di Pasar Ketapian

Ketua Sabha Panditha MGPSSR Badung, Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Reka Merta Yoga menyampaikan, parum sabha panditha dan dharma patni ini guna membahas program kerja sabha panditha tahun 2021-2026.

Diharapkan dalam pembahasan program ini muncul pemikiran-pemikiran yang suci dan cerdas serta kebijaksanaan sehingga program kegiatan yang dihasilkan oleh sabha panditha untuk lima tahun kedepan dapat membantu meningkatkan sradha lan bhakti umat. (r)

Related Posts