March 5, 2021
Pendidikan

Bangun Hotel, SMK PGRI 1 Badung Pastikan Lulusannya Terbaik

Badung-kabarbalihits

SMK PGRI 1 Badung  akhirnya merampungkan Hotel yang sudah dibangun sejak setahun lalu. Hotel yang berdiri di Sekolah yang berlokasi di kawasan Latu, Desa Gerih, Kecamatan Abiansemal, Badung ini merupakan gedung praktek siswa yang merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah provinsi Bali tahun anggaran 2020.

Gedung ini baru saja rampung dan diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya di dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa. Mengingat SMK PGRI 1 Badung merupakan sekolah menengah kejuruan berbasis pariwisata, maka ruang praktek siswa ini adalah Hotel. Sehingga anak-anak selain mendapatkan teori di kelas mereka juga mendapatkan ilmu dan kompetensinya di ruang praktik siswa ini,” jelas Ketua YPLP PGRI Kabupaten Badung sekaligus yang memimpin SMK PGRI 1 Badung, Dr. Drs. I Made Gede Putra Wijaya, SH.,M.Si.

Putra Wijaya menambahkan, perlu diketahui dalam Ruang Praktek Siswa (RPS) yang berupa hotel ini didalamnya telah di lengkapi dengan fasilitas yang mendukung para siswa untuk melaksanakan praktek, seperti housekeeping, praktek penerimaan tamu, dan nantinya juga dipersiapkan untuk praktek jasa boga dan tata boga.

“Hotel ini merupakan fasilitas yang berstandar internasional, yakni setara dengan hotel bintang 3, jika dilihat dari fasilitas dan akomodasi nya. Dan yang lebih penting lagi hotel yang merupakan ruang praktik siswa ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan tempat uji kompetensi. Karena setelah para siswa tamat di SMK, peserta didik tersebut wajib mengikuti ujian, yakni ujian kompetensi keahlian di samping ujian sekolah sebagai persyaratan lulus di SMK,” imbuhnya.

Di sisi lain hotel ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luar, seperti mengadakan pertemuan dan fasilitas akomodasi yang sangat representative. Seperti dijadikan tempat seminar atau workshop, termasuk juga untuk menginap. (kbh2)

Related Posts