June 24, 2024
Ekonomi

Majukan UMKM di Klungkung, Eka Sari Pertiwi Butuh Dukungan Pemerintah

Klungkung-kabarbalihits

Memajukan perekonomian di Kabupaten Klungkung utamanya menggeliatkan sektor UMKM yang ada, beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Klungkung membentuk suatu wadah, yakni komunitas UMKM Eka Sari Pertiwi (ESP). Sementara pembentukan pengurusnya digelar minggu (06/12) sore di Warung D’Carik, Nyalian, Klungkung.

Ketua umum komunitas UMKM Eka Sari Pertiwi Kabupaten Klungkung, I Dewa Gede Yudi Prabawa mengatakan, Komunitas UMKM Eka Sari Pertiwi dibentuk berawal dari sesama pelaku usaha UMKM berkumpul dan berbincang sehingga terbentuk sekaligus tercipta logo, yang tidak berasal dari ide satu orang saja, namun dalam logo tersebut terdapat roh dari semua pelaku UMKM, seperti kayonan, padi kapas, rantai, serta padma, dengan moto “Bergerak Untuk Maju”.

“Jadi kayonan adalah lambang dari semesta, untuk mengayomi, sementara padi dan kapas adalah lambang dari kesuburan, dan rantai adalah lambang persatuan, dengan dilingkari oleh padma, adalah sinar Dewata dari 9 penjuru,” jelasnya.

I Dewa Gede Yudi Prabawa yang akrab disapa Dewa Jack berharap organisasi ini mendapatkan perhatian dari pihak terkait yakni pemerintah, utamanya dukungan, di mana di dalam Eka Sari Pertiwi ini terdapat kemajemukan pelaku UMKM. Bukan hanya satu jenis usaha saja, namun berbagai jenis dan produk usaha UMKM.

“Jadi di Eka Sari Pertiwi ini ada berbagai usaha seperti kerajinan, kuliner, jasa, di bidang pariwisata juga, pertanian industri, peternakan, kita semua menjadi satu. Jadi kembali saya berharap dinas terkait mensupport kami dalam menjalankan program kami agar bisa maju ke depan,” imbuhnya.

Sementara Eka Sari Pertiwi sudah memiliki anggota sebanyak 220 pelaku UMKM, khusus di Kabupaten Klungkung. sehingga dengan wadah ini akan mampu mendukung eksistensi dari UMKM yang ada di Kabupaten Klungkung. Dewa Jack menggambarkan, UMKM Eka Sari Pertiwi tidak hanya bergerak di pasar offline saja namun juga kedepannya komunitas ini akan memiliki web masing-masing.

“Sehingga mereka bisa berjualan secara online dan juga akan membuat satu aplikasi Eka Sari Pertiwi dimana didalamnya ada kategori-kategori pelaku UMKM itu sendiri yang bisa ditemukan oleh para konsumen akan masuk aplikasi itu,” kembali menjelaskan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasi Fasilitasi Usaha Mikro Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, Ni Ketut Susanti, SE.,M.Si. Menurutnya, Eka Sari Pertiwi (ESP) memiliki Visi Misi sangat kuat. Pemerintah Kabupaten Klungkung khususnya Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung mensupport keberadaan organisasi UMKM Eka Sari Pertiwi. Untuk itu diharapkan Pemerintah dengan UMKM ESP bisa bersinergi.

“Bersinergi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas. Seperti misalnya, ada pelatihan, seperti pelatihan membuat kue, pelatihan lukisan Kamasan, ataupun pelatihan menjahit dan lainnya. Kemudian juga ada event event atau pameran bahkan festival kita akan melihat sejauh mana kualitas produk UMKM yang juga merupakan produk unggulan daerah akan kita bina, ketika ada event di daerah maupun di luar daerah kita ajak dan kita promosikan produk-produknya,” jelasnya.

Bahkan menurutnya akan dibantu dari permodalan yakni salah satunya dengan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga sebesar 6% pertahun.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri Warga Denpasar Mulai Cari Layanan Penukaran Uang

Pembina komunitas UMKM Eka Sari Pertiwi Kabupaten Klungkung, I wayan rumantiasa mengatakan,  dengan legalitas yang dimiliki, seperti akta notaris, akan diserahkan ke setiap OPD, karena setiap OPD juga memiliki program, sehingga bisa memperluas pemasaran produk anggota pelaku UMKM.

“jadi intinya kita di sini sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung pada khususnya, Bapak Gubernur Bali, bahkan kementerian Koperasi dan UMKM, agar bisa melihat kami ke depan. Bagaimana semangat kami dan anggota kami, dalam memperluas pasar produk kami disini,” pungkasnya. (Kbh2)

Related Posts