March 29, 2024
Kriminal

4 Orang Jadi Korban Penipuan, Intel Gadungan Masih Gentayangan

Denpasar-kabarbalihits

4 orang di denpasar ditipu oleh seorang pria (AG) yang mengaku Anggota unit Intelkam Polsek Densel Polresta Denpasar, dengan modus tawaran layanan biro jasa. Hal ini terungkap setelah salah satu dari korban penipuan memberikan informasi ke tim KBH, yang selanjutnya akan dilaporkan ke pihak kepolisian. 

Dijelaskan oleh salah satu korban, Danny Pratama yang merasa ditipu oleh pria yang tidak dikenalnya, berawal dari pelaku yang berkunjung ke toko hewan tempat kerjanya di jalan sulatri denpasar timur dan berbelanja kebutuhan perlengkapan hewan. Selanjutnya pria tersebut menawarkan untuk membantu membuat SIM. 

“Dia datang ke tempat kerja saya, belanja ini itu, kemudian mengaku sebagai intel membawa KTA (Kartu Tanda Anggota) nggak tau asli atau bukan, sama borgol, sama senjata api satu. Setelah itu dijanjiin bikin SIM” Jelasnya. 

Dari perbincangan dengan pria tersebut, Danny diminta uang sebesar Rp. 400.000 untuk pembuatan SIM A dan SIM C. Tunggu tinggal tunggu, akhirnya pria tersebut tidak pernah berkabar.

“Setelah itu beberapa minggu, dia nggak ada kabar. Dan ternyata dia nipu teman saya juga sejumlah 1 juta 250 ribu. Tetapi Teman saya masih bisa contact dia” Ungkapnya. 

Kejadian ini berlanjut sampai korban yang lain juga ikut memancing pelaku untuk membuatkan teman yang lain dibuatkan SIM. 

“Dia mau datang, disitu kita jebak bareng bareng. Akhirnya dia ngaku Calo, dan uangnya dipakai untuk panti asuhan sama masjid. Ya mungkin ngga logis ya” Katanya. 

Setelah aksi pancingan tersebut, Danny dan korban lainnya beritikad baik terhadap pelaku membuatkan surat perjanjian yang ditulis tangan. Dimana isinya untuk mengembalikan sejumlah uang yang sudah diambil pria tersebut, agar dikembalikan pada tanggal 21 Agustus pukul 17.00 sampai 18.00 Wita lengkap dengan materai 6000, dan menyita identitas pria tersebut yang beralamat di jalan Thamrin, Lingkungan Pemedilan, Pemecutan Denpasar Barat. Pihaknya juga menyempatkan merekam momen tersebut melalui kamera handphone. 

Baca Juga :  Oknum Sulinggih Tersangka Pencabulan Ditahan Di Rutan Polda Bali

“Kita bikin perjanjian, hitam diatas putih diisikan materai. Untuk total korban yang baru diketahui kurang lebih 4 orang yang lainnya kita nggak tau. Dari awal kejadian hampir dua bulan” Bebernya.

Upaya yang dilakukan Danny bersama korban lainnya ternyata tidak membuahkan hasil. Pria yang diduga sering melakukan penipuan seperti ini, mengingkari surat perjanjian bermaterai tersebut. Selanjutnya, Danny bersama korban yang lain berencana akan melaporkan ke pihak kepolisian, dengan tujuan tidak ada lagi korban selanjutnya. (KBH 1)

Related Posts