April 16, 2024
Kesehatan

Mengapa Ganja untuk kesehatan didorong untuk dilegalkan???

Denpasar-kabarbalihits

Perjuangan untuk mengetuk hati Pemerintah melegalisasi ganja tetap digelorakan salah seorang aktivis, Putu Indra Mandala Putra, SH, M.Kn. Putra daerah bumi makepung ini mengatakan, hampir di seluruh negara bagian Amerika Serikat sudah mulai melegalisasi ganja sebagai bahan medis. “Jika dikaitkan dengan ekonomi negara, maka ganja mampu menambah devisa yang luar biasa”, ucapnya.

Menurut tokoh muda yang berprofesi sebagai notaris ini, meskipun potensi penyalahgunaan ganja di masyarakat akan tetap terjadi, namun legalisasi ganja sangat dibutuhkan, hanya sebatas dalam bidang medis saja, bukan rekreasional.

“Mencegah penyalahgunaan ganja bisa diatur dalam penanamannya dan pendistribusian, serta penggunaan yang harus diatur oleh negara. Seperti misalnya ketika masyarakat yang mengalami sakit membutuhkan ganja sebagai penyembuh atau obat bisa mendapatkannya sama seperti obat lainnya, yakni konsultasi ke dokter, dan dapat membelinya di apotek atau toko obat yang di di atur oleh negara” teganya.

Indra Mandala Putra yang akrab disapa IMAN mengakui, stigma ganja di Indonesia dan Bali khususnya masih negatif di masyarakat. Padahal hingga saat ini tidak ada masyarakat yang meninggal akibat overdosis ganja ataupun akibat mengkonsumsi ganja. Sementara produk-produk legal lainnya seperti minuman keras yang mengandung alkohol tinggi dan rokok yang mengandung nikotin dan tembakau telah banyak menyebabkan kematian. Kenyataan tersebut dinilai tidak adil. 

“Kedepannya para relawan akan berjuang untuk mendorong Pemerintah bisa memberikan restu untuk membuat riset terkait dengan manfaat ganja untuk kesehatan”, pungkasnya (kbh2)

Related Posts