May 29, 2024
Pariwisata

Sektor Pariwisata dibuka, DPD PUTRI Bali dampingi tim verifikasi Pemerintah

Badung-kabarbalihits

Era Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal diberbagai sektor telah dibuka Pemerintah. Khusus dalam sektor Pariwisata sebelum Daya Tarik Wisata (DTW) bisa membuka usahanya harus dinyatakan lulus terlebih dahulu dari Pemerintah. Sementara itu di Kabupaten Badung, juga sudah dilakukan verifikasi yang kali ini dilakukan di DTW yang ada di Badung Utara, jumat (10/7). Verifikasi dibeberapa titik seperti DTW Alas Pala Atau yang lebih dikenal Obyek Wisata Sangeh, Wisata Alam Tirta, True Bali Experience yang terkenal dengan wisata Gajahnya dan POD Chocolate yang ada di Desa Carangsari Kecamatan Petang dan Obyek Wisata Taman Ayun, Mengwi.

Verifikasi juga didampingi DPD Perhimpunan Usaha Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bali yang dinahkodai I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha. Tokoh Wanita yang dipercaya duduk di kursi Dewan Badung ini mengatakan, DPD PUTRI Bali serta beberapa anggota dan Tim Verifikasi dari Pemerintah meninjau kesiapan menyambut Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal di setiap DTW yang ada. Seperti diketahui Tim Verifikasi Provinsi hanya khusus memverifikasi terhadap hotel bintang 4 sampai bintang 5 sementara bintang 3 ke bawah serta DTW ditangani Kabupaten Kota. Tim Verifikasi terdiri dari praktisi perhotelan dan pariwisata. Selain itu juga dari Dinas Kesehatan dan pihak Keamanan. “PUTRI Bali sebelumnya juga telah turun di beberapa titik untuk melaksanakan pendampingan. Seperti di Kabupaten Karangasem, yakni Taman Edelweis, Tirta Gangga, Taman Ujung serta Puri Agung Karangasem. Selanjutnya, tanggal 9 Juli kemarin Wakil Gubernur Bali bahkan telah memberikan sertifikasi yang lulus verifikasi tentang penerapan protokol kesehatan di objek wisata di Tirta Gangga”, jelasnya.

DPD PUTRI Bali juga mendampingi Gubernur Bali Wayan Koster turun di 3 titik, yakni di Gianyar, tepatnya di Taman Safari, yang juga memberikan sertifikasi kepada Objek Wisata tersebut. Selain itu juga di kabupaten Badung juga diserahkan di BeachWalk Kuta serta di Kertagosa Klungkung. 

Baca Juga :  Songsong New Normal, Bali Safari and Marine Park Buka Pada 9 Juli 2020

“Setelah diverifikasi di beberapa titik Obyek Wisata kawasan Badung Utara seperti Sangeh, True Bali experience, Alam Tirta POD Chocolate hingga Taman Ayun dinyatakan lulus dengan beberapa catatan kecil, namun segera bisa di lengkapi”, ucap Cucu Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai ini.

Bendesa Adat Sangeh, I.B Sunartha, S.Sos yang mengelola DTW Alas Pala Sangeh mengatakan, meski sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang penerapan protokol kesehatan covid-19 di era new normal ini pihaknya masih berharap kepada pemerintah untuk tetap memberikan petunjuk dan informasi serta perkembangan yang berkaitan dengan aturan saat dilaksanakannya tatanan kehidupan baru. “Hal tersebut adalah untuk memberikan pelayanan terbaik dan keselamatan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Sangeh”, ucap I.B Sunartha yang juga Anggota DPRD Badung Ini.

Turut Hadir Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa. Dikatakan, dalam upaya normalitas kehidupan di berbagai sektor ini maka Pemerintah Kabupaten Badung sudah melakukan berbagai persiapan dengan preconditioning mulai awal Bulan Juni yang lalu serta menerbitkan Surat Edaran kepada semua stakeholder yang ada di Kabupaten Badung di berbagai sektor itu sendiri. “Salah satunya di Bidang Pariwisata yang memberikan suatu pedoman berkaitan dengan penyediaan sarana prasarana, SOP dan Sumber Daya Manusia dalam penerapan budaya di Baru ini”, pungkasnya. (Kbh2)

Related Posts