April 16, 2024
Sosial

Misi Kemanusian Pandemi Covid-19, Luh De Bersama Warga Banjar Segara Kuta, Gotong Royong Lakukan Aksi Donor Darah 

Badung-kabarbalihits

Anggota DPRD Badung dapil Kecamatan Kuta, Ni Luh Gede Sri Mediastuti terus bergerak dalam misi kemanusiaan. Tidak hanya rutin memberikan sumbangan paket sembako kepada Warga yang membutuhkan,Srikandi Partai Golkar Ini juga menggalang ketersediaan darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, terebih saat Pandemi covid-19 saat ini. Kali ini, Minggu (5/7).

 

 

Politisi perempuan yang akrab disapa Luh De ini  bekerjasama dengan  UTD PMI Propinsi Bali membuat kegiatan sosial untuk penggalangan donor darah di wantilan Banjar Segara, Desa Adat  Kuta.

Dari penggalangan donor darah yang menerapkan Protokol kesehatan Pencegahan Covid-19  terkumpul sebanyak 150 kantong darah dari pendaftar calon pendonor sebanyak 180 orang. Dari pantauan  donor darah tersebut, diikuti sejumlah warga dan tokoh Banjar Segara, Ibu Ibu PKK, Persatuan ojek online  dan perhimpunan Chef yang tergabung dalam PCPI(Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) ikut serta melakukan aksi kemanusian donor darah. 

Luh De mengatakan,dalam situasi Pademi covid-19, dan meski suduah diwacanakan akan adanya tatanan budaya kehidupan baru atau new normal, tapi untuk tatanan kemanusiaan yang membutuhkan darah meski menjadi atensi juga.

“Kita mengetahui stok darah dengan kondisi sat ini pastilah akan terbatas, untuk itu kami mengajak masyarat khususnya di Banjar Segara melakukan donor darah sehingga stok darah PMI mencukupi. Apalagi dalam bulan bulan ini PMI Provinsi bali hanya bisa memenuhi stok darah  50 persen saja yang biasanya bisa perbulan memenuhi stok darah hingga 90 persen,”ujarnya.

Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD)  PMI Provinsi  Bali, dr. I Gede Wiryana Patrajaya mengatakan, dengan kondisi pandemic covid-19 kegiatan donor darah untuk kumpul bersama sangat dibatasi, sehingga pengembalian ketersediaan darah juga terpengaruh.

Baca Juga :  Serius Kawal Pesisir Bali, WALHI Tagih Salinan Ranperda RZWP3K ke Gubernur Bali

“Kami mengimbau kegiatan-kegitan donor darah dengan mematuhi standar protocol kesehatan covid-19 tidak lah masalah sehingga kegiatan sosial donor darah ini bisa berlanjut. Permintaan darah dari rumah sakit saat ini baru mencapai 60 persen sedangkan sebelumnya kita mampu mendistribusikan darah kerumah sakit mencapai 92 persen lebih. Kami mengimbau kepada masyarakat pendonor, jika ingin donor pada masa covid-19 ini sangatlah aman asalkan  memenuhi standar protocol kesehatan pencegahan covid-19,”terangnya.

Kelian Adat Banjar Segara, Ketut Werka yang berkesematan Mendonorkan darahnya mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerjasama dengan anggota DPRD Badung Ni Luh Gede Sri Mediastuti, adalah untuk membangkitkan  masyarakatnya dalam membantu sesame terutama dalam menyumbangkan darah mereka untuk yang membutuhkan.

“Kita ketahui bersama konisi pandemic covid-19 saat ini, masyarakat pastinya sulit untuk menyiumbang mapun mendapatkan darah sehingga kami untuk pertama kalinya melakukan kegiatan yang berskala besar dalam mencari masyarat yang mau donor darah bekerjasama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia Propinsi Bali (PDDI).,”Kami targetkan mendapat 100 kantong darah,”paparnya. 

Hal senada disampaikan Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia(PDDI) propinsi bali, Ketut Pringgantara di saat Pandemi Covid-19 saat ini pihaknya terus berupaya menggugah masyrakat untuk melakukan donor darah karena masyrakat khawatir melakukan donor di Rumah Sakit.

“Kami ambil tempat yang aman yakni di Balai Banjar Segara dengan menerapkan Protokol kesehatan, kami sasar pendonor Pemula Khususnya generasi muda yang sehat dan cerdas”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut PMI provinsi Bali menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Tokoh Masyrakat dan Anggota DPRD Badung Ni Luh Gede Sri Mediastuti atas Partisipasi aktif  Melaksanakan Kegiatana Donor Darah.(kbh6)

Related Posts