July 24, 2024
Ekonomi Kuliner

Meski Tidak Berproduksi, Kacang Kapri Tari Bali Meman Tetap Berikan THR Kepada Pekerja

Denpasar – kabarbalihits

 

Pandemi Covid – 19 berdampak ke segala sektor. Bali yang mengandalkan sektor pariwisata, sangat terasa bagi sektor UKM yang mengais rejeki dari pariwisata. Salah satu UKM Kacang Kapri Tari Bali Meman yang memproduksi kacang kapri yang di suplai ke toko oleh-oleh besar di Bali kini tak berdenyut. Meski begitu Kacang Kapri Tari Bali Meman tidak Menelantarkan para karyawannya.

Ketika ditemui Rabu (29/4) di tempat produksi Kacang Kapri Tari Bali Meman di Jalan Nuansa Hijau Timur IX, pelaku UKM Ketut Subawa menjelaskan bahwa sudah merumahkan karyawan dari tanggal 14 Maret 2020. “Dia mau balik kesini, namun tidak dikasi, dan karyawan kebanyakan berasal dari daerah Paiton Probolinggo”. Kata Ketut Subawa

 

 

Lebih Lanjut Disampaikan  karyawan yang dirumahkan tidak diberikan gaji pada bulan April ini, cuma memperhitungkan juga karena  karyawan sebagian besar muslim, THR hanya dikasi setengah dari tahun lalu senilai 5 juta rupiah untuk tahun ini, tidak seperti waktu normal. “Untuk koordinasi, sudah dikumpulkan semua kontak karyawan yang dirumahkan, mereka punya rekening apa tidak , karena THR akan ditransfer”. Janjinya diminta saat pertengahan puasa. Sementara gaji karyawan pada bulan Maret sudah dibayar full secara merata”. Ungkapnya

 

Baca Juga :  LDP Sanatana Tingkatkan Kualitas SDM Sejumlah Koperasi Di Denpasar Secara Mandiri

 

Sementara produksi kacang kapri, kalau mendekati bulan puasa atau lebaran, biasanya memproduksi sebanyak 1,2 sampai 1,3 ton per hari, jika hari biasa maksimal 900 kwintal. Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) asal Buleleng ini pun mengaku usahanya mati sekali dan tak menghasilkan apa ditengah Pandemi COVID- 19 karena tidak memiliki usaha lain salain Kacang Kapri Tari Bali Meman.

“Secara pribadi pihaknya tidak berharap subsidi dari pemerintah” ujarnya. “Mudah – mudahan pandemi ini cepat berakhir, biar kembali lah kita berusaha”. harap Ketut Subawa. (kbh3)

Related Posts