October 26, 2024
Nasional

Presiden Prabowo Lantik 53 Menteri dan Kepala Lembaga, Nusron Wahid Gantikan AHY di ATR/BPN

Jakarta-kabarbalihits

Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, secara resmi melantik 53 jajaran Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10). Salah satu menteri yang dilantik adalah Nusron Wahid, yang kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Nusron Wahid menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang baru diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Dalam pernyataannya setelah pelantikan, Nusron Wahid menegaskan arahan Presiden Prabowo terkait penataan agraria yang lebih berkeadilan. Presiden menginstruksikan agar Reforma Agraria, sebuah program strategis nasional, terus diprioritaskan. Program ini bertujuan menyeimbangkan penguasaan, kepemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah di Indonesia.

“Pemerintah harus mengedepankan prinsip keadilan, pemerataan, dan keberlanjutan. Tidak boleh ada pihak swasta yang menguasai jutaan hektare tanah, sementara petani kesulitan mendapatkan lahan,” ujar Nusron Wahid kepada awak media.

Selain itu, Nusron Wahid juga menyampaikan dua pesan penting lainnya dari Presiden Prabowo. Pertama, pemanfaatan tanah negara yang selama ini terbengkalai, dan kedua, penyelesaian berbagai sengketa agraria yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dalam upacara pelantikan tersebut, Nusron Wahid hadir didampingi istrinya, Dily Rosi Timadar. Usai acara, ia disambut oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Harison Mocodompis, beserta jajaran pejabat kementerian.

Pelantikan ini menandai langkah awal dari upaya pemerintah baru untuk terus melanjutkan program-program nasional di bidang agraria dan infrastruktur.(r)

Related Posts