October 26, 2024
Pendidikan

Gelar Upacara Pelepasan Lulusan ke-16, Fakultas Farmasi Unmas Denpasar Nyatakan 96,15%  Lulusan Sudah Bekerja

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menggelar upacara Pelepasan Lulusan ke-16 di Auditorium Ganesha Unmas Denpasar. Dalam acara yang berlangsung meriah ini, sebanyak 47 mahasiswa dari Program Studi S1 Farmasi dan 74 mahasiswa dari Program Studi D3 Farmasi yang dilepas dan diambil sumpah serta menerima penghargaan atas keberhasilan mereka menyelesaikan studi.

Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. I Made Agus Sunadi Putra, S.Si., M.Biomed, menyampaikan bahwa Program Studi S1 Farmasi mulai meluluskan mahasiswa pada tahun 2022, dengan total lulusan hingga saat ini mencapai 231 orang. Sementara Program Studi D3 Farmasi telah meluluskan 1.819 mahasiswa sejak tahun 2011. Dengan demikian, total lulusan Fakultas Farmasi Unmas Denpasar mencapai 2.050 orang.

Dalam laporan Tracer Study 2024, alumni Prodi D3 Farmasi menunjukkan hasil yang menggembirakan, dengan 96,15% di antaranya sudah bekerja, sementara 3,85% lainnya memilih untuk melanjutkan studi. Dari lulusan S1 Farmasi tahun 2022, 30,56% telah melanjutkan ke Program Profesi Apoteker.

Dr. Sunadi Putra menegaskan komitmen Fakultas Farmasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. “Kami tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk lulusan yang profesional dengan etos kerja yang baik. Dalam upaya ini, fakultas telah melakukan investasi lebih dari 10 miliar rupiah untuk penambahan ruang kelas dan laboratorium, serta alat-alat laboratorium,” ungkap dekan.

Salah satu langkah strategis ke depan adalah pembukaan Program Studi Profesi Apoteker, yang didukung oleh kehadiran Apotek Pendidikan “Saraswati Medika” di Jalan Kamboja, Denpasar. Apotek ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Fakultas Farmasi kepada masyarakat sekaligus mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Pada upacara tersebut, lulusan terbaik juga diumumkan dari Program Studi D3 Farmasi. Lulusan terbaik adalah Ketut Adelia Vinanda dengan IPK 4,00, diikuti oleh Kadek Eva Sukmayanthi (IPK 3,98) dan I Dewa Ayu Nyoman Wulandari (IPK 3,98). Sementara itu, dari Program Studi S1 Farmasi, lulusan terbaik diraih oleh Ni Kadek Aprilianda Widyantari (IPK 3,85), diikuti oleh Pt. Cintya Adnyani (IPK 3,83) dan Ni Nyoman Shinta Damayanti (IPK 3,78).

Baca Juga :  FH UNUD Menempati Peringkat Pertama Implementasi Program MBKM di UNUD

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, Fakultas Farmasi Unmas Denpasar terus berupaya mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.(kbh2)

Related Posts