October 14, 2024
Daerah Ekonomi

Potensi Besar Di Bali, Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali Selenggarakan Diklat Mua & Hair Do

Denpasar – kabarbalihits

Make Up Artist & Hair Do merupakan salah satu bidang usaha yang sangat potensial dikembangkan di Bali, mengingat banyaknya kegiatan yang membutuhkan jasa tersebut. Menyiapkan generasi muda yang tertarik menekuni bidang ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali melalui UPTD Diklat Koperasi UMKM, menyelenggarakan Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist (MUA) and Hairdo Angkatan II bagi siswa SMA dan SMK di Denpasar.

Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist (MUA) and Hairdo Angkatan II dilaksanakan selama 6 hari pada 1 hingga 5 Juli 2024 di Gedung PLUT KUMKM Provinsi Bali. Kegiatan ini diikuti 36 siswa SMA dan SMK yang ada di Denpasar.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali, Dr. I Wayan Ekadina, SE., M.Si. mengatakan diklat ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan pada generasi muda di bidang make up artist & hair do. Banyaknya kegiatan upacara adat di Bali merupakan peluang besar bagi usaha jasa make up artist & hair do. Karena itu, peserta diklat yang masih duduk di bangku SMA / SMK nantinya diharapkan mampu mengembangkan kemampuan yang mereka dapat dalam diklat ini, menjadi seorang wirausahawan di bidang make up artist & hair do.

“Diklat ini peluangnya sangat besar sekali. Khususnya mendukung upacara yang kaitannya dengan tata rias wajah dan rambut. Peserta diklat ini minimal mampu merias dirinya sendiri, terlebih mereka mampu mengembangkan untuk usaha, yang akan bisa membantu kebutuhan masyarakat setempat, seperti ibu-ibu PKK yang sering membutuhkan jasa make up artist & hair do,” kata Wayan Ekadina.

Lebih lanjut Dr. I Wayan Ekadina, SE., M.Si. mengatakan diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist and Hairdo tahun ini menyasar siswa SMA / SMK yang berlokasi di Denpasar. Ke depan, kegiatan ini rencananya dilaksanakan rutin setiap tahun, sehingga tidak menutup kemungkinan akan dibuka untuk siswa SMA/SMK di daerah lain di Bali. “Untuk sementara kita baru menyasar siswa SMA/SMK yang ada di Denpasar. Untuk ke depannya sebagai bentuk keberlanjutan dari diklat ini, kita akan setiap tahun melaksanakan diklat ini,” ungkap Wayan Ekadina.

Baca Juga :  KUI Universitas Udayana Laksanakan Finalisasi dan Sosialisasi POB Penerimaan Mahasiswa Asing Reguler Jenjang Magister dan Doktor

Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, I Ketut Meniarta, S.STP., M.Si. mengatakan kegiatan Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist and Hairdo merupakan salah satu upaya menumbuhkan wirausahawan pemula pada generasi muda, khususnya siswa SMA/ SMK. Make Up Artist & hair do dipilih karena bidang ini dinilai sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Para peserta diklat nantinya diharapkan dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menjadi seorang wirausawan pemula di bidang make up artist & hair do.

“Jadi harapannya mereka mampu membaca peluang, karena kondisi saat ini keterampilan inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat atau pasar itu sendiri, karena sebuah bisnis akan bisa berlanjut jika pasarnya tersedia. Berdasarkan pengamatan kami, kegiatan ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mengingat kondisi saat ini yang serba cepat dan serba instan sehingga masyarakat membutuhkan make up artis yang bisa cepat memberikan pelayanan” kata Ketut Meniarta.

Sementara Plt Kepala UPTD Diklat Koperasi UMKM Provinsi Bali, I Putu Wira Dirgantara, S.STP., MAP. mengatakan Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist and Hairdo disambut antusias oleh peserta yang merupakan siswa SMA dan SMK. Selain bisa menumbukan jiwa kewirausahaan, kegiatan ini sekaligus menjadi implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada program Merdeka Belajar. Diklat ini dilaksanakan pada masa liburan sekolah, sehingga tidak mengganggu kegiatan mereka di sekolah.

“Mereka siswa-siswi SMA/ SMK yang dalam hal ini pengamalan dari P5 dalam Merdeka Belajar. Mereka bisa praktek langsung. Dengan pelatihan ini, mereka bisa mengaplikasikan pembelajaran P5 dalam Merdeka Belajar.  Di sekolah saat ini mereka sedang masa liburan. Dengan mengisi liburan, mereka bisa mengasah skill dalam bidang make up artist & hairdo. Tentu ke depannya, mereka kita harapkan bisa membuka peluang usaha,” ungkap Putu Wira.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Rapat Koordinasi Penanganan PMK di Badung

Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist and Hairdo Angkatan II menghadirkan narasumber  Cokorda Istri Mirah Jayanti Biya, owner sekaligus founder makeup by cokmirah. Cokorda Istri Mirah Jayanti Biya mengatakan ilmu yang telah diperoleh peserta bisa dikembangkan menjadi peluang usaha, mengingat besarnya kebutuhan jasa make up artist & hair do di Bali.

“Disini saya lebih menekankan kepada peserta agar ilmu yang didapat pada diklat ini, tidak hanya digunakan sendiri, tapi bisa digunakan untuk orang lain. Dia bisa make up temannya, saudaranya, dan ini nanti bisa menjadi job buat mereka. Siapa tau mereka ingin belajar berwirausaha sedari dini, ilmu-ilmu ini bisa dipakai,” ujar Cok Mirah.

Pada diklat ini, para peserta diberikan materi berupa pelatihan make up dasar dan hairdo yang mudah diikuti oleh pemula. Para peserta tidak hanya diberikan teori, tetapi juga mempraktekkan langsung ilmu yang mereka dapatkan. Salah seorang peserta dari SMK N 5 Denpasar, Kadek Panki Mertayoga mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini karena banyak mendapatkan pengetahuan seputar make up artist & hair do, sekaligus berbagi pengalaman dengan siswa sekolah lain. Siswa jurusan seni tari ini juga terinspirasi untuk menekuni bidang ini sebagai peluang usaha dengan memanfaatkan media sosial. (kbh5)

“Saya sangat senang mengikuti diklat ini, karena bisa bertemu teman-teman dari sekolah lain. Bisa berbagi pengalaman dan informasi. Mungkin nanti kita mau nerima job make up melalui Instagram,” kata Kadek Panki.

Hal senada diungkapkan peserta diklat dari SMAN 7 Denpasar, Arin yang mengatakan banyak mendapatkan pengetahuan baru seputar make up artist & hair do dalam diklat ini. Arin sebelumnya telah mulai tertarik belajar make up secara otodidak sejak tahun lalu, dan kini semakin memantapkan langkahnya untuk menekuni bidang ini.

Baca Juga :  DISDIKPORA Badung Gelar Pelatihan Bagi Calon Wirausaha Muda

“Saya memang sudah menggeluti dunia make up sejak tahun lalu. Selama ini belajarnya secara otodidak, sekarang bisa benar-benar dilatih oleh yang professional. Jadi saya benar-benar mendapat ilmunya. Mungkin setelah ini, akan diteruskan menjadi usaha kecil-kecilan saya. Terima kasih kepada Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali yang sudah mengadakan kegiatan ini, semoga tahun depan kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi untuk menumbuhkan anak-anak muda yang berpotensi,” kata Arin.

Sebelumnya Dinas Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali melalui UPTD Diklat Koperasi UMKM telah melaksanakan Diklat Teknis Keterampilan Make Up Artist (MUA) and Hairdo Angkatan I pada 24 hingga 28 Juni 2024. (kbh5)

 

Related Posts