October 14, 2024
Daerah Olahraga

Kuta Mimba Cup 2024, Bangkitkan Semangat Olahraga Tenis Meja Di Bali

Badung – kabarbalihits

Memperingati Hari Koperasi ke-77 dan HUT RI ke-79, Koperasi Kuta Mimba kembali menggelar Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup, di Gedung Graha Budaya Lotring Kuta pada 10 dan 11 Agustus 2024.

Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 merupakan turnamen tenis meja yang kedua kali, setelah sukses digelar sebelumnya pada tahun 2023. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti tim beregu di daerah Kuta, Legian, dan Seminyak, tahun ini Kuta Mimba Cup 2024 diikuti oleh tim beregu putra se-Kecamatan Kuta, dan kategori ganda putra yang terbuka untuk umum se-Bali. Tercatat 15 tim beregu putra berpartisipasi dalam kategori ganda putra beregu antar banjar se-Kecamatan Kuta, dan 60 peserta dalam kategori ganda putra se-Bali.

Ketua Pengurus Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Punia, S.Pd. mengatakan turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 merupakan bagian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 yang dilaksanakan Koperasi Kuta Mimba. Kegiatan ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat, terbukti dari jumlah peserta yang banyak. Melihat perkembangan tersebut, Nyoman Punia optimis kegiatan ini akan menjadi event tahunan Koperasi Kuta Mimba.

“Kita optimis selama semua pihak mendukung. Seperti saat ini dan tahun lalu, kita memakai konsep gotong royong. Sumbangsih dari pihak yang luar biasa, yang menyediakan beragam fasilitas yang bisa digunakan, termasuk juga dari pemerintah mendukung, memberikan Gedung Lotring ini dipakai. Kemudian ada rekan-rekan dari wasit yang mendukung luar biasa. Kami memberi sebatas kemampuan yang ada,” kata Nyoman Punia.

Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 mendapat apresiasi dari Kasi Pemberdayaan Mayarakat Kecamatan Kuta, Ketut Astawa Wibawa yang mewakili Camat Kuta. Menurutnya kegiatan ini sangat luar biasa dalam meningkatkan semangat olahraga sekaligus menjaga silaturahmi di Kecamatan Kuta.

Baca Juga :  Terkait Permohonan Hibah Tanah Oleh Desa Sembung, Komisi I DPRD Badung Lakukan Peninjaun Lokasi

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat baik dan luar biasa. Kami berharap kepada panitia penyelenggara, peserta, dan wasit untuk meningkatkan semangat sportivitas. Kegiatan ini juga sebagai ajang kita bersama melakukan silaturahmi untuk ke depan kita lebih baik,” ungkap Ketut Astawa.

Pada kesempatan tersebut Ketut Astawa Wibawa juga mendukung perkembangan Koperasi Kuta Mimba yang berada di wilayah Kecamatan Kuta. Dirinya berharap salah satu Koperasi Besar di Bali tersebut memberi dampak positif bagi kemajuan ekonomi mayarakat di Kuta.

“Kami mendukung program dan kegiatan Koperasi Kuta Mimba yang sudah baik. Mudah-mudahan bisa lebih baik ke depannya untuk kepentingan bersama, dalam rangka pertumbuhan ekonomi pada masyarakat di wilayah Kecamatan Kuta,” ujar Ketut Astawa.

Pelaksanaan Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 juga mendapat dukungan dari salah satu tokoh pendiri Koperasi Kuta Mimba, Drs. I Made Suwedja, SH., MSc., PHd. Menurutnya kejuaraan olahraga tenis meja saat ini belum begitu banyak dilaksanakan, sehingga Kuta Mimba Cup sangat tepat dilaksanakan sebagai ajang pembibitan atlet-atlet tenis meja di Bali. Ke depan dirinya berharap olahraga tenis meja bisa lebih terangkat, hingga ke tingkat nasional dan internasional.

“Saya selaku pendiri Koperasi Kuta Mimba berharap ini harus dilanjutkan, bila perlu lebih luas lagi jangkauannya, bisa nasional regional. Apalagi Kuta yang trade marknya sudah menjadi daerah tujuan wisata nasional dan internasional. Ini bisa lebih diangkat lagi, sama seperti surfing. Tenis meja harus bisa seperti itu, sejajar dengan olahraga lainnya,” ungkap Made Suwedja.

Sebagai salah satu pendiri, Made Suwedja juga gembira melihat perkembangan Koperasi Kuta Mimba yang semakin maju, terutama dalam pemanfaatan teknologi digital.

Baca Juga :  Resmikaan Prasasti di Pura Kahyangan Bale Agung Desa Adat Mongan, Bupati Sanjaya Mengucap Syukur dan Berterima Kasih Atas Dukungan Masyarakat dalam mewujudkan Pembangunan

“Wah, Koperasi Kuta Mimba ini levelnya sudah tingkat nasional, sudah sebagai koperasi modern dan koperasi digital. Dengan kemajuan sekarang ini, semua anggota sudah bisa mengakses kegiatan-kegiatan bisnisnya. Gampang sekali di Koperasi Kuta Mimba, lebih cepat sekarang,” kata made Suwedja.

Hal senada diungkapkan Ketua Pengawas Koperasi Kuta Mimba, I Nengah Rasna, ST. yang mengatakan langkah Koperasi Kuta Mimba mengangkat olahraga tenis meja sudah sangat tepat. Menurutnya, tenis meja terbilang masih jarang diangkat dibandingkan dengan sepak bola atau bulu tangkis.

“Saya mewakili teman-teman mengapresiasi kegiatan turnamen Kuta Mimba Cup 2024, mengingat memang jarang yang mengangkat turnamen tenis meja. Lembaga yang lain sudah banyak melaksanakan kegiatan seperti sepakbola dan bulutangkis, sedangkan tenis meja jarang terangkat. Koperasi Kuta Mimba sangat tepat melaksanakan turnamen ini untuk mengangkat olahraga tenis meja ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Nengah Rasna.

Sementara Manager Utama Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Widya Arta, SE. mengatakan Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 merupakan salah satu upaya untuk lebih memasyarakatkan olahraga tenis meja. Kegiatan ini Kembali dilaksanakan setelah mendapat sambutan positif pada pelaksanaan yang pertama pada tahun 2023. Kini turnamen ini ditingkatkan lagi dengan melibatkan tim beregu se Kecamatan Kuta dan ganda putra se-Bali.

“Ini luar biasa, mudah-mudahan ini bisa kami lanjutkan lagi untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, terutama pada cabang tenis meja,” ucap Nyoman Widya.

Lebih lanjut Nyoman Widya Arta mengatakan Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024 merupakan salah satu bentuk dukungan sosial dan rasa syukur atas perkembangan Koperasi Kuta Mimba yang semakin maju. Aset koperasi Kuta Mimba saat ini telah mencapai Rp. 296 Milyar, dan ditargetkan mencapai Rp. 305 Milyar pada akhir tahun buku 2024. Koperasi Kuta Mimba juga telah menjadi koperasi yang berhasil mengembangkan digitalisasi dalam memberi layanan kepada anggota.

Baca Juga :  Penampilan Eksklusif, Duta Kecamatan Mengwi dan Kuta Selatan Memukau di Festival Budaya Kabupaten Badung ke 14

“Sebagai salah satu koperasi yang sudah mengembangkan digitalisasi, tentu ini yang menjadi senjata kami. Kami melaksanakan program-program yang meningkatkan dan mendukung usaha-usaha anggota, sehingga dapat maju bersama Koperasi Kuta Mimba. Kami bantu juga pemasaran usahanya melalui Kuta Mimba Mobile dan bekerjasama juga dengan Bank BPD melalui QRIS di merchant-merchant,” jelas Widya Arta.

Pada Turnamen Tenis Meja Kuta Mimba Cup 2024, Tim Banjar Legian Kelod A  tampil sebagai juara pertama pada kategori beregu antar banjar se-Kecamatan Kuta, disusul Banjar Pande A sebagai juara II, serta Banjar Anyar dan Banjar Pande B sebagai juara III. Sedangkan pada kategori ganda putra umum, Sudana – Selamet barhasil meraih Juara I, Tut Garmen – Yande meraih juara II, serta Klecek – LPG dan Ajik Dokter – Ustad Gunawan meraih Juara III.

Salah seorang peserta, Rio yang tergabung dalam tim beregu Legian Kelod mengatakan dirinya bersama tim telah mulai latihan sejak 2 bulan lalu, sehingga sukses menjuarai kategori beregu. Dirinya juga mengapresiasi turnamen Kuta Mimba Cup yang telah berjalan dengan baik dan berharap semakin meningkat pada tahun selanjutnya.

“Luar biasa sekali, pertandingannya sudah berjalan dengan lancar. Semua pemain sangat antusias mengikuti pertandingan. Semoga ke depannya bisa semakin jaya di tahun berikutnya,” kata Rio.

Sementara pemenang kategori ganda putra umum, Sudana mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranga Kuta Mimba Cup yang telah memberi semangat bagi para penggemar olahraga tenis meja.

“Kuta Mimba Cup luar biasa, penyemangat untuk latihan. Kalo bisa tetap diadakan untuk menyemangati, terutama yang lebih muda,” ungkap Sudana. (kbh6)

Related Posts