October 27, 2024
Daerah

Desa Abiansemal Gelar Lomba Gerak Jalan Indah Berhadiah Emas

Badung – kabarbalihits

Memeriahkan Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia, Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal kembali melaksanakan lomba Gerak Jalan Indah dengan peserta ibu -ibu PKK dan sekaa teruna (ST) Sabtu 17 Agustus 2024.

Kegiatan yang merupakan inisiasi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Abiansemal, Ida Ayu Eka Dewi Wijaya juga dimaksudkan sebagai ajang memaknai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai semangat baru.

Menariknya, pelaksanaan lomba yang merupakan kedua kalinya ini memperebutkan hadiah emas senilai jutaan rupiah yakni juara satu senilai Rp 10 juta, juara dua Rp 7 juta, juara tiga Rp 5 juta serta Rp 3 juta untuk juara empat.

Lomba Gerak Jalan Indah PKK Desa Abiansemal dengan menempuh rute tak kurang dari 2 KM ini dibuka Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa didampingi Perbekel Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma serta Ketua TP PKK Desa Abiansemal Idaya Ayu Eka Dewi Wijaya.

Adapun lokasi start lomba ini dilaksanakan di Banjar Juwet untuk selanjutnya finish di Pasar Tenten Desa Adat Abiansemal. Gerak Jalan Indah PKK per regu atau pleton terdiri dari 21 orang ibu -ibu PKK dan 21 orang putra putri seka teruna masing masing banjar dari delapan banjar yang ada di Desa Abiansemal.

Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa menyatakan apresiasi atas penyelenggaraan Gerak Jalan indah ini. Terlebih setiap tahun pelaksanaanya senantiasa mengedepankan inovasi dan hadiahnya yang juga terus meningkat.

“Jika tahun lalu pesertanya adalah ubu -ibu, sekarang ditambah anggota sekaa teruna, ini luar biasa. Kami yakin kedepan akan terus ditingkat oleh perbekel bersama Ibu Ketua TP PKK Desa Abiansemal,”pujinya.

Ida Bagus Mas Arimbawa kembali memuji seragam yang digunakan peserta gerak jalan, mulai topi hingga sepatu yang semuanya sama.
“Ini menyatakan pemerintah desa hadir secara totalitas. Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut kedepannya,”harapnya.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-4, Ketua Yayasan Bali Matangi Harapkan Generasi Muda Hargai Budaya Pertanian

Perbekel Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma menyampaikan lomba gerak jalan indah ini dilaksanakan untuk menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
“Semua biaya dalam kegiatan ini bersumber dari APBDes,”ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia pelaksana sekaligus Ketua TP. PKK Desa Abiansemal, Ida Ayu Eka Dewi Wijaya menjelaskan gerak jalan indah PKK dan sekaa teruna Desa Abiansemal ini pesertanya berasal dari delapan banjar yang ada di Desa Abiansemal. Kedepan kegiatan ini akan dilaksanakan secara lebih meriah. “Lomba gerak jalan indah ini merupakan pelaksanaan kedua. Namun, yang pertama kali melibatkan sekaa teruna,”ungkapnya.

Untuk hadiah bagi pemenang, Dayu Eka Dewi mengatakan lomba ini memperebutkan hadiah emas senilai puluhan juta rupiah. “Juara satu mendapatkan hadiah emas senilai Rp 10 juta, juara dua Rp 7 juta, juara tiga dan empat masing -masung Rp 5 juta dan Rp 3 juta,”paparnya.

Melalui lomba gerak jalan ini, Dayu Eka Dewi berharap seluruh warga Desa Abuansemal dapat ikut menikmati kemeriahan dan memaknai suasana HUT Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai semangat baru sesuai tema tahun ini yakni Nusantara Baru, Indonesia Maju.

“Mudah -mudahan kedepan kami terus bisa berinovasi untuk melaksanakan kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Kegiatan lain juga kami telah laksanakan sebelumnya yakni jalan santai, senam lansia bersama serta kegiatan lainnya yang melibatkan anak -anak dan masyarakat luas,”bebernya.

Secara khusus Mantan Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Mangutama ini mengucapkan terima kasih atas support secara totalitas yang telah diberikan Pemerintah Desa Abiansemal dalam kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kami ucapkan terima kasih atas dana yang telah diberikan termasuk pakaian kepada peserta. Hal itu murni dibiayai dari pemerintah desa,”tukasnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Harapkan Pelaku UMKM Gunakan Bantuan Untuk Kembangkan Usaha

Adapun penilaian dalam lomba ini, meliputi keserasian, baris berbaris serta yel -yel atau atraksi yang ditampilkan.

Setelah melalui penilain ketat tiga orang dewan juri independen yang berasal dari Muspika Kecamatan Abiansemal, untuk kategori PKK tampil sebagai juara satu yakni Banjar Keraman, juara dua Banjar Pande disusul Banjar Dirgahayu dan Banjar Gunung sebagai juara tiga dan empat.

Sementara untuk kategori sekaa teruna, juara satu Banjar Aseman, juara dua Banjar Keraman disusul Banjar Purwakerta dan Banjar Pande sebagai juara tiga dan empat. (kbh6)

Related Posts