October 14, 2024
Pendidikan

Fakultas Pascasarjana Unwar Gelar Tes Sipenmaru Magister Gelombang Kedua, Jumlah Peserta Meningkat 20 Persen

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) gelombang kedua secara online pada Rabu (14/8). Tercatat tes ini telah diikuti oleh 348 calon mahasiswa magister untuk 8 (delapan) program studi (Prodi) yang tersedia. Dengan demikian, sebelum dibukanya gelombang ketiga pendaftaran di tahun ini, jumlah peserta menunjukkan peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, S.H., M.Hum, mengungkapkan bahwa pelaksanaan tes ini bertujuan untuk menjaga mutu calon mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di fakultas tersebut. “Dengan berbagai keunikan yang dimiliki oleh masing-masing Prodi, kami memberikan peluang besar bagi masyarakat Bali, Indonesia, dan bahkan luar negeri untuk melanjutkan studi di sini. Kami juga menerima beberapa peserta asing, seperti dari Timor Leste,” ujarnya.

Prof. Mahendrawati menambahkan bahwa keberadaan Bali sebagai daerah pariwisata turut meningkatkan minat calon mahasiswa. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta pada gelombang pertama yang mencapai 185 orang dan gelombang kedua sebanyak 163 orang, sehingga totalnya mencapai 348 peserta. “Kebutuhan akan pendidikan yang lebih tinggi, seperti S2, semakin diperlukan oleh ASN dan perusahaan swasta yang menginginkan SDM berkualifikasi tinggi,” jelasnya.

Unwar juga terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjalin kerjasama internasional. Fakultas Pascasarjana Unwar memiliki visi menjadi institusi yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global pada tahun 2034. Untuk mewujudkan visi ini, Unwar telah merancang berbagai kegiatan Tri Dharma yang berdaya saing di tingkat Asia Tenggara dan global. Beberapa dosen tamu dari Jepang, Filipina, dan Malaysia akan mengajar di semester mendatang, termasuk pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara internasional.

Baca Juga :  Tanggapi Statemen Presiden Jokowi Akan Buka Pariwisata Juni, Ramia “Jangan 2022, Tapi 2021”

Sementara itu, Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, menyatakan bahwa prodi baru, yaitu Magister Akuntansi, telah menarik minat besar dari masyarakat, terutama alumni S1 Akuntansi. “Hadirnya Prodi baru ini menunjukkan keseriusan Unwar dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing di tataran global pada tahun 2034,” kata Prof. Pandit.

Seperti diketahui, dari ke 8 Program studi (Prodi) tersebut, sebanyak 3 prodi, yakni Magister Manajemen (MM), Magister Kenotariatan (MKN) dan Magister Ilmu Linguistik (MIL) sudah terakreditasi unggul dari BAN-PT. Sementara Magister Ilmu Hukum (MIH), Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Rekayasa Ilmu Lingkungan (MRIL), Magister Sains Pertanian (MSP) telah terakreditasi baik sekali. Sementara Magister Akuntansi (Maksi) adalah pendatang baru pada institusi Pascasarjana Unwar.

Dengan peningkatan jumlah calon mahasiswa ini, Fakultas Pascasarjana Unwar optimis dapat terus menghasilkan lulusan yang berdaya saing internasional dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya melalui pendidikan tinggi.(kbh2)

Related Posts