October 14, 2024
Politik

Made Satria Juga Gunakan Dana Pribadi Bantu Sumur Bor Warga Nusa Penida

Klungkung -kabarbaihits

Kepedulian sosial tokoh masyarakat Made Satria bersama Ketut Leo Wijaya untuk membantu masyarakat tidak hanya diwujudkan dengan membantu dana pribadi untuk pembangunan pura. Bakan, memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Nusa Penida, Made Satria juga tak segan- segan merogoh koceknya pribadinya untuk membuat sumur bor dengan kedalaman ratusan meter yang menelan biaya tak kurang dari Rp 500 juta. Hal ini untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan air bersih, hal ini dilakukan Made Satria jauh -jauh hari sebelum terjun ke politik.

Seperti yang dituturkan Jro Mangku Nyoman Patra yang merupakan Jro Mangku Pura Paibon Sira Arya kuta Waringin yang ditemui Sabtu 3 Agustus 2024. Sumur bor yang berlokasi di wilayah Banjar Sental Kangin Desa Ped ini dibuat oleh Made Satria di tahun 2016 lalu, dilengkapi dua tandon air berukuran raksasa untuk menampung air sumur bor tersebut. Mangku Nyoman Patra memperkirakan biaya yang dikeluarkan Made Satria bersama Ketut Leo mencapai Rp 500 juta sebab untuk mencapai sumber air kedalaman sumur bor mencapai ratusan meter.

“Sebelum ada sumur bor kami membeli air untuk kebutuhan sehari -hari bisa mencapai 2 juta untuk setiap bulannya. Jadi dengan adanya sumur bor ini kami sangat terbantu,”ungkapnya.

Dikatakan Mangku Nyoman Patra, Made Satria dan Ketut Leo memang tulus ikhlas dalam membantu. Terbukti air yang berasal dari sumur bor tidak dijual namun benar -benar diberikan kepada masyarakat secara gratis.

“Saya tahu betul pak Made Satria sangat sosial tidak mau memperkaya diri, karena dari air yang dihasilkan sumur bor tersebut tidak dijual namun warga diberikan secara gratis menggunakan air sumur ini,”ungkapnya.

Baca Juga :  Money Politics Jelang Pemilihan Kepala Daerah, Ini Kata Indra Mandhala Putra

Selain itu, lanjut Jro Mangku Nyoman Patra sosok Made Satria juga dikenal gemar membantu warga dalam pelaksanaan upacara keagamaan. “Beliau Pak Made Satria tidak tanggung -tanggung untuk mapunia,”terangnya lagi.

Melihat aksi sosial nyata yang dilakukan Made Satria bahkan jauh -jauh hari sebelum terjun ke dunia politik. Mangku Nyoman Patra berharap Made Satria bisa maju di Pilkada Klungkung sehingga dapat melanjutkan pengabdian untuk menjadi Bupati Klungkung.

“Karena begitu sosialnya Pak Made Satria, saya rasa tepat sekali beliau untuk menjadi pemimpin di Kabupaten klungkung,”tegasnya.

Hal senada disampaikan Kelian Paibon Sira Arya Kuta Waringin Putu Wididana yang menyebut sumbangsih Made Satria dan Ketut Leo Wijaya dalam membantu sangat luar biasa dalam meringankan beban masyarakat.

“Sebelumnya kami mengadalkan air hujan yang ditampung menggunakan cubang,”terangnya.

Lantas Putu Wididana menyatakan sangat mendukung langkah Made Made Satria untuk maju di Pilkada Klungkung November mendatang.

Anggota DPRD Klungkung, I Made Satria, SH

Anggota DPRD Klungkung, I Made Satria, SH

“Kami bersama masyarakat akan totalitas memenangkan Pak Made Satria. Neliau juga sudah berpengalaman karena menjadi Anggota DPRD Klungkung, tentu beliau mengetahui potensi dan permaslaahan yang dihadapi Kabupaten Klungkung,”tukasnya.

Sementara ditempat terpisah Made Satria menyatakan pembuatan sumur bor dilakukan pihaknya mengingat warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. ” Jangankan untuk mandi bahkan untuk minum juga tidak cukup sehingga warga harus membeli. Sehingga kami berupaya mencari solusi dengan membuat sumur bor, yakni dikampung kami sendiri dulu di Banjar Sental Kangin,”jelasnya

Diakui Made Satria sampai saat ini masih ada beberapa kawasan di Nusa Penida yang belum mendapatkan fasilitas air bersih.

“Kedepan, karena air merupakan kebutuhan dasar masyarakat, hal ini harus diselesaikan terlebih dahulu. Siapapun yang jadi pemimpin di Klungkung,”tutupnya.(kbh6)

Related Posts