July 8, 2024
Pendidikan

Terakreditasi Unggul, Unwar Saat Ini Menjadi PTS Terbaik di Bali

Denpasar-kabarbalihits

Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Bali, kini Universitas Warmadewa (Unwar) berhasil meningkatkan status akreditasi. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1285/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024, Unwar kini telah terakreditasi Unggul per 2 Juli 2024. Status Akreditasi Unggul ini berlaku hingga 2 Juli 2029.

Atas pencapaian ini, Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., didampingi para Wakil Rektor mengaku bangga dan bersyukur atas capaian luar biasa yang diraih Unwar di usia 40 tahun. Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan stakeholder dan kerja keras bersama seluruh civitas akademika Unwar.

Dengan raihan Akreditasi Unggul ini membuktikan bahwa Unwar telah melaksanakan proses kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan luarannya telah melampaui standar yang ditetapkan BAN-PT. Begitu juga siklus penjaminan mutu melalui PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) telah terlaksana dengan baik menuju continuous quality improvement.

Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1285/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024

Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1285/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024

Kendati demikian, menurut Prof. Pandit capaian Akreditasi Unggul ini akan menjadi tantangan bagi Unwar ke depan. Terutama bagaimana Unwar bisa mempertahankan bahkan meningkatkan status akreditasi unggul ini. Apalagi, setelah Akreditasi Unggul ini Unwar tengah mempersiapkan diri menuju Times Higher Education-World University Rankings (THE WUR) pada tahun 2025 dan ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2027.

Melaui Spirit Sri Kesari Warmadewa dan Spirit Sapta Bayu akan menguatkan, memperkokoh, dan mempererat jalinan kerja sama yang baik antar civitas akademika. Baik dari fakultas, prodi yang ada di lingkungan Unwar, serta mitra kerja Unwar, terutama mitra media massa yang berperan penting dalam menyosialisasikan berbagai kegiatan di Unwar sehingga apa yang ditargetkan akan mampu diraih.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Ikuti Rapat Pokja Apkasi ke-2 Secara Virtual, Bahas RPP dan RPerpres UU Cipta Kerja

Prof. Pandit mengungkapkan bahwa capain lain yang diraih Unwar yakni 2 prodi di Program Sarjana (S1) juga meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT. Yaitu, Prodi S1 Sastra Inggris dan Prodi S1 Peternakan yang berlaku sejak 25 Juni 2024 hingga 25 Juni 2029. Dengan raihan Akreditasi Unggul ini, Unwar semakin menjadi pilihan bagi masyarakat terutama para lulusan SMA/SMK untuk menempuh pendidikannya di Unwar. Dimana, pada Tahun Akademik 2024/2025 ini Unwar menargetkan 3.000 orang lebih mahasiswa baru di 29 prodi pada 9 fakultas, baik pada program diploma, sarjana, magister, maupun doktor.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengaku sangat bangga dan mengapresiasi tinggi kepada seluruh pimpinan dan civitas akademika Unwar atas kerja keras dan konsistensi dalam meningkatkan kualitas dan mutu, sehingga Unwar dapat meraih Akreditasi Unggul. Pihaknya berharap agar proses pencapaian ini harus dapat memacu kinerja institusi agar semakin maju ke depannya.

Selain itu, Unwar juga harus berbenah, baik dari sisi SDM, Sanpras, tara kelola akademik dan non akademik yang berbasis IT, serta meningkatkan pelayanan prima. “Capain ini menjadi tanggungjawab bersama untuk berkolaborasi menjaga dan mengembangkannya. Salah satunya mulai dengan penerapaan KPI (Key Fepermanxe Indikator,red) untuk institusi Unwar, dekanat, lembaga-lembaga, individu pimpinan, dan dosen serta para karyawan,” tegasnya. (kbh2)

Related Posts