October 14, 2024
Daerah

PP Polri Daerah Bali Dukung Pelaksanaan Tugas Kepolisian Agar Lebih Maksimal

Denpasar-kabarbalihits

Meski tidak secara aktif berdinas dalam menangani berbagai masalah Kamtibmas khususnya di wilayah Bali, PP Polri Daerah Bali bersikap untuk selalu memberi dukungan pada pelaksanaan tugas-tugas kepolisian dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat, serta penegakan hukum yang profesional agar lebih maksimal.

Hal tersebut disampaikan Ketua PP Polri Daerah Bali, Brigjen Pol.(Purn) Drs. I Nyoman Gede Suweta, MH, dalam syukuran peringatan HUT Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) ke 25 tahun 2024, di Gedung Presisi Polda Bali, Rabu (3/7/2024).

Dikatakan, secara formal PP Polri Daerah Bali tetap memposisikan diri sebagai organisasi masyarakat (ormas). Namun demikian, PP Polri sebelumnya merupakan bagian dari anggota Polri, tentunya memiliki sikap akan terus melaksanakan kegiatan sesuai batas kemampuan, agar tugas-tugas dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat dapat terlaksana secara maksimal.

“tentunya kita tidak secara aktif melakukan itu, tetapi memberikan masukan, memberikan informasi kepada kesatuan agar bisa menjadi bahan-bahan dalam mengambil langkah-langkah dalam pelaksanaan penegakan hukum maupun menjaga Kamtibmas,” jelas Ketua PP Polri Daerah Bali.

Pihaknya selalu mengingatkan kepada seluruh anggota PP Polri Daerah Bali bahwa PP Polri adalah wadah untuk meneruskan pengabdian. Sehingga diartikan jiwa pengabdian sebagai anggota masyarakat sekaligus mantan anggota Polri agar terus berlanjut sesuai tingkat kemampuan masing-masing.

“setidak-tidaknya sebagai agent dari kepolisian ditengah masyarakat dalam menyampaikan informasi Kamtibmas dan menyerap aspirasi diteruskan kepada kesatuan Polri,” pungkasnya.

Disebut hingga saat ini anggota PP Polri Daerah Bali tercatat sebanyak 6500 orang, dan pada tahun ini akan ditambah dengan anggota yang pensiun sekitar 469 orang.

“berarti tahun berikutnya (2024), akan berjumlah hampir 7 ribu orang anggota PP Polri Daerah Bali,” ujarnya.

Syukuran peringatan HUT PP Polri ke 25 turut dihadiri oleh Wakapolda Bali, Brigjen Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, mewakili Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, sebagai Pembina PP Polri Daerah Bali, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra, mewakili Pj Gubernur Bali, Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya.

Pada kesempatan tersebut Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana mengucapkan selamat pada PP Polri dalam peringatan HUT ke 25. Dimana PP Polri Daerah Bali dinilai selalu semangat memberikan dukungan kepada Polri agar lebih baik kedepannya, sesuai dengan tema yang diusung semangat dalam pengabdian.

“kita juga sebagai generasi penerus kepada beliau ini, kita selalu melegacy (mewariskan) hal yang baik. Bagaimanapun PP Polri adalah senior kami, sepuh kami, adalah suri tauladan bagi kami semua,” ucap Wakapolda Bali.

Bagi Wakapolda, upaya dalam menjaga citra Polri menjadi lebih baik kedepannya yakni bisa dilakukan dengan cara banyak hal. Seperti dalam melaksanakan tugas harus dilakukan secara profesional. Kemudian, pentingnya sinergitas dalam berkoordinasi.

“ketiga, Polri harus cerdas selalu ada di masyarakat dan masih banyak hal lainnya, bagaimana bekerjasama Polri dengan masyarakat, kerjasama dengan Pemerintah, itu yang paling penting dalam menjaga kondusifitas kedepan,” harapnya.

Dalam hal ini, PP Polri juga dipandang berperan pada pelaksanaan tugas Polri menjadi lebih baik, baik secara moral maupun dalam bentuk karya.

“beliau lebih berpengalaman. Pengalaman beliau kita adopsi, modifikasi untuk kinerja Polri menjadi lebih profesional kedepan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Hadiri Piodalan di Pura Dalem Alit dan Pura Dalem Brerong Desa Adat Mengwitani

Serangkaian HUT PP Polri ke 25, telah dilaksanakan berbagai kegiatan baksos, termasuk mengunjungi anggota PP Polri Daerah Bali yang mengidap sakit permanen seperti stroke, diabetes, hipertensi, dan jantung, yang berjumlah 53 orang. (kbh1)

Related Posts