July 19, 2024
Ekonomi

Temu Wirasa BPR Kanti – MDA Bali, Komitmen Perkuat Perokonomian Bali

Gianyar -kabarbalihits

BPR Sukawati Panca Kanti (BPR Kanti) bersama Majelis Desa Adat (MDA) Bali menggelar Temu Wirasa (Pabligbagan-#mdakanti_ngorta_desaadat): Kedudukan Desa Adat di Bali Pasca Pemberlakuan UU No. 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali

dan Perda Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali di Gedung Pusdiklat BPR Kanti Batubulan Gianyar, Selasa 25 Juni 2024

Kegiatan yang diagendakan rutin ini menghadirkan pembicara yakni Prof Wayan P Windia (Ahli Hukum Adat Bali), Prof Made Arya Utama (Ahli Hukum Tata Negara), IA Putu Herawati, MH (Kemenkumham Bali), IGAK Kartika Jaya Seputra, MH (Kepala Dinas PMA Provinsi Bali), dan Dr Dewa Nyoman Rai Asmara Putra (Patajuh Bendesa Agung MDA Bali Bidang Wicara Adat) yang dipandu oleh Ngakan Putu Sudibya, ST (Bendesa Adat Suwat).

Selain itu tampak hadir pula Ketua Umum KADIN Bali Made Ariandi, Direktur Utama (Dirut) BPR Kanti, Made Arya Amitaba, Ketua Kadin Denpasar, I Putu Arnawa dan Penyarikan Agung MDA Bali Ketut Sumarta

Acara ini juga sebagai tindak lanjut kerjasama melalui penandatanganan MoU BPR Kanti dengan MDA Provinsi Bali bertempat di Wantilan Pura Samuan Tiga Bedulu Blahbatuh Gianyar, beberapa waktu lalu.           

Pada kesempatan tersebut, digelar Undian Doorprize 6 unit Sepeda Motor Scoopy dan Televisi 32 Inch dalam program Tabungan Arisan Kanti Utama (ArisanKU) dari BPR Kanti. Sedangkan hadiah utama berupa satu unit Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Expander akan dilaksanakan 12 Desember 2024 mendatang.

Dirut BPR Kanti Made Arya Amitaba menyampaikan kegiatan Temu Wirasa yang dikemas lewat Pabligbagan “BPR Kanti Ngorta Desa Adat” berkaitan dengan program kerja sama antara BPR Kanti dan MDA Provinsi Bali. Beberapa implementasinya seperti pemberian award kepada desa adat, pelaksanaan ToT, dan kali ini berupa Pabligbagan (dialog).

“Rencananya, kegiatan ini akan kami adakan secara rutin dengan tema-tema yang lain, terkait berbagai wacana untuk mengangkat keberadaan desa adat. Kenapa? Karena BPR Kanti sebagai community bank berada di tengah masyarakat, turut mensupport masyarakat, dan yang perlu diingat bahwa perekonomian Bali disokong oleh sektor pariwisata, dan pariwisata didukung oleh adat dan budaya yang ditopang oleh desa adat. Kesimpulannya bahwa fondasi perekonomian Bali adalah desa adat, kalau desa adat kuat, perekonomian juga kuat,” jelasnya

Ditegaskan Arya Amitaba BPR Kanti  turut peduli dengan keberadaan adat dan budaya Bali. Dimana adat dan budaya Bali sebagai ciri khas Pulau Dewata serta menjadi primadona wisatawan untuk datang ke Bali yang memberikan imbas ekonomi yang signifikan. Sehingga diperlukan upaya pelestarian dan dukungan permodalan dalam menggerakkan ekonomi di desa adat dan usaha masyarakat Bali. BPR Kanti berkomitmen mendukung ekonomi Bali yang ditopang oleh pariwisata, adat, dan budaya. Penopang utama dari semua itu adalah desa adat. Maka kegiatan ini  dirancang sebagai wadah diskusi untuk membahas isu-isu hangat dan mencari solusi di desa adat. Terlebih, BPR Kanti sebagai salah satu dari 130 BPR di Bali. Diharapkan mampu membantu keuangan masyarakat untuk meningkatkan kepercayaan publik. Terlebih keberhasilan BPR Kanti dalam melewati krisis tahun 1998-1999, termasuk pandemi Covid-19.

Dengan diadakannya kegiatan ini lanjut Amitaba, BPR Kanti berharap dapat terus memperkuat peran desa adat dalam mendukung ekonomi dan budaya Bali.

Sementara itu, Penyarikan Agung Majelis Desa Adat Bali, Ketut Sumarta, menyatakan bahwa acara pablibagan ini adalah ajang untuk mempertemukan kesepahaman hati dan pemahaman bersama.

Ia juga menyoroti pentingnya posisi desa adat di Bali pasca pemberlakuan UU No. 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali dan Perda Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali.

Baca Juga :  HUT ke-46, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Tanam 4000 Tanaman Buah di Bongkasa Pertiwi

“Keberadaan UU dan Perda ini menjadikan kedudukan dan peran desa adat di Bali semakin jelas dan penting,” jelasnya

Selain dialog pada kesempatan tersebut, BPR Kanti juga memperkenalkan seragam barunya yang menggunakan lukisan kamasan khas Klungkung.(kbh6).

Related Posts