September 25, 2022
Daerah Ekonomi

Diklat Keterampilan Kuliner Disambut Antusias Pengelola UMKM

Denpasar – kabarbalihits 

Meningkatkan daya saing UMKM  menghadapi persaingan usaha kuliner, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali menggelar Diklat Teknik Keterampilan Kuliner bagi pengelola UMKM se-Bali Angkatan Kedua. Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan di Balai Banjar Jaba Pura, Desa Padangsambian Kelod, Denpasar, mulai 1 hingga 5 Agustus 2022. 

Dalam diklat yang berlangsung selama lima hari ini, para peserta yang merupakan pengelola UMKM mendapat berbagai pengetahuan tentang olahan kue dan roti, serta olahan kuliner modern, yang diberikan oleh Bali Chef Community (BCC) Nusantara. Tidak hanya berupa teori, para peserta berkesempaan langsung mempraktekkan membuat berbagai olahan kuliner tersebut.  

Sekjen BCC Nusantara, Nyoman Picha mengatakan dalam diklat ini para peserta UMKM banyak diberikan pengetahuan tentang makanan “kekinian”, agar mereka bisa menghadapi persaingan dalam usaha kuliner. Materi tersebut terbukti sangat diminati oleh para peserta diklat.

 “Tanggapan mereka sangat antusias karena apa yang kami ajarkan tentang diklat kuliner pelatihan roti dan kue menjadi acuan. Karena di beberapa tempat kami lakukan pelatihan ini sangat mendapat support yang positif. Segmen yang kami buat selalu membuat olahan kue dan roti, serta makanan yang selalu kekinian,” terang Nyoman Picha. 

Sementara itu sejumlah peserta diklat mengatakan berbagai materi yang mereka dapatkan sangat bermanfaat bagi usaha dan kehidupan sehari-hari. “Banyak sekali manfaaat yang kita dapatkan selama lima hari ini,” kata Nengah Sukerti, salah satu peserta diklat. 

Demikian juga dengan Ayu Astiti, salah satu peserta diklat yang mengungkapkan apresiasi atas diklat ini “Terimakasih banyak kepada Bapak Gubernur dan Dinas Koperasi UKM Bali yang telah memberikan kami kesempatan mengikuti pelatihan ini,” ungkapnya. 

Diklat Teknik Keterampilan Kuliner bagi pengelola UMKM juga mendapat dukungan dari pemerintah Desa Padangsambian Kelod. Perbekel  Padangsambian Kelod, I Gede Wijaya Saputra, S.H. mengungkapkan apresiasinya kepada Gubernur Bali beserta Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali atas terselenggaranya Diklat ini. Menurutnya, Diklat seperti ini sangat dibutuhkan UMKM di Padangsambian Kelod untuk mengembangkan usahanya. 

“Dengan pelatihan keterampilan ini, pelaku UMKM ini harapan kita bisa mengembangkan hasil pelatihan ini dengan memproduksi sendiri. Para peserta UMKM ini sebelumnya ada yang tenaga kerja di hotel  terdampak covid, dengan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka,” ungkap Gede Wijaya. 

Baca Juga :  KPK RI Gelar Monev Tindak Lanjut Rekomendasi Pencegahan Korupsi Sekda Apresiasi Langkah Proaktif KPK Kawal Pencegahan Korupsi di Badung

Diklat Teknik Keterampilan Kuliner bagi pengelola UMKM kali ini juga dikunjungi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa beserta rombongan. Selain meninjau langsung saat peserta melakukan praktek, Ny. Ayu Kristi Wibawa juga mencicipi sejumlah kuliner hasil olehan para peserta. (kbh7)

Related Posts