October 27, 2024
Daerah

Wayan Suyasa Sambut Pj Gubernur Bali di Pura Dalem Hyang Soka

Badung -kabarbalihits

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya turut hadir sekaligus mengikuti persembahyangan bersama serangkaian Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, Menawa Ratna, Mapedanan, Mapeselang Medasar Tawur Balik Sumpah Madya di Pura Dalem Hyang Soka Banjar Blungbang Desa Adat Penarungan, Sabtu (9/3/2024).

Dibawah guyuran hujan yang cukup deras Pj Mehendra Jaya disambut antusias Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa bersama Bandesa Adat Penarungan Made Widiada serta Tari Pendet yang dibawakan oleh ibu – ibu di Jaba Pura Dalem Hyang Soka.
Tampak hadir pula Anggota DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih atau yang populer disapa Demer.

Bandesa Adat Penarungan Made Widiada mewakili panitia karya dan krama pengempon Pura Dalem Hyang Soka menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj. Gubernur Sang Made Mahendra Jaya untuk ikut menyaksikan prosesi upacara. “Pura Dalem Hyang Soka diyakini telah berdiri sebelum adanya Pura Kahyangan Tiga di Desa Adat Penarungan. Pura ini diempon oleh Pemaksan dari 4 banjar di Desa adat Penarungan diantaranya Banjar Blungbang dan Guming,” paparnya.

Karya Ngenteg Linggih Mapadudusan Agung di pura yang diempon 130 KK ini lanjut Made Widiada dilaksanakan pasca rampungnya perbaikan beberapa pelinggih maupun bangunan di pura tersebut. “Karya yang kami laksanakan ini, sebelumnya sudah dilaksankan oleh penglingsir kami kurang lebih 70 tahun yang lalu,”terangnya.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat sekaligus Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa. Sebagai bagian Pemerintah Kabupaten Badung di legislatif pihaknya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya pada karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Hyang Soka. “Atas nama krama pengempon kami juga menyampaikan terima kasih pak Pj Gubernur sudah berkenan hadir sebagai saksi sekala dalam karya di Pura Dalem Hyang Soka,”ungkapnya.

Baca Juga :  PKK Badung Dukung Sosialisasi Tanggap Kebakaran Rumah Tangga

Sementara Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyatakan kegembiraannya dan berbahagia dapat tangkil dan menyaksikan karya di Pura Dalem Hyang Soka. “Kami berharap karya ini berjalan lancar dan labda karya,”harapnya. Sang Made Mahendra Jaya juga sangat mengapresiasi krama Pengempon Pura Dalem Hyang Soka dalam pelaksanaan karya ini. “Sambutan krama pengempon luar biasa, ibu -ibu meski hujan -hujan tetap menari. Sekali lagi saya ikut berdoa agar karya ini berjalan labda karya sidaning don,”harapnya.

Selain melaksanakan persembahyangan, sebagai wujud bakti turut serta mensuksekan pelaksanaan Karya di Pura Dalem Hyang Soka Pj Gubernur Bali juga ngaturang punia Rp 10 juta. (Kbh6)

Related Posts