February 24, 2024
Pendidikan

Upacara Wisuda Ke-74 Universitas Warmadewa: Prestasi, Prestasi, Prestasi!

Denpasar-kabarbalihits

Suasana kebanggaan dan keceriaan menyelimuti kampus Universitas Warmadewa (Unwar) pada upacara wisuda ke-74 periode pertama tahun 2024 yang digelar sabtu, 27 januari 2024. Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP secara pribadi melepas 256 wisudawan yang berasal dari berbagai fakultas.

Dari 256 wisudawan tersebut, terdapat perwakilan dari Fakultas Hukum (24 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (179 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (9 orang), Fakultas Sastra (2 orang), Fakultas Pertanian (21 orang), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (1 orang), Fakultas Pascasarjana (19 orang), dan Fakultas Vokasi (1 orang).

Prof. Pandit menjelaskan bahwa ijazah dan transkrip nilai para wisudawan kali ini memiliki keistimewaan. Dokumen tersebut dicetak dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris, dengan harapan para alumni dapat bersaing secara global.

Dia juga membagikan data hasil tracer studi terakhir, di mana lulusan tahun 2021 telah berhasil mendapatkan pekerjaan dengan tingkat kesesuaian bidang kerja mencapai 85,60%. Pencapaian ini menjadi cerminan dari upaya Unwar dalam mempersiapkan lulusannya untuk masuk ke dunia kerja. Selain itu, Prof. Pandit menekankan pentingnya peningkatan kualitas tata pamong dan tata kelola melalui survei kepuasan layanan terhadap dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan pengguna lulusan.

Dalam rangka meningkatkan kerjasama, Unwar telah menjalin 129 MoU dengan mitra lokal dan internasional, dengan total implementasi sebanyak 203 jenis kegiatan. Prestasi kemahasiswaan juga mencuat dengan 35 prestasi akademik internasional, 13 prestasi non-akademik internasional, 46 prestasi akademik nasional, dan 108 prestasi non-akademik nasional. Fasilitas kelembagaan mahasiswa yang ada di Unwar turut mendukung prestasi ini.

Dalam bidang akreditasi, Unwar terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan 7 program studi terakreditasi unggul dan A, 5 program studi terakreditasi baik sekali, 11 program studi terakreditasi B, dan 4 program studi terakreditasi baik. Unwar sendiri memiliki rencana untuk mengajukan re-akreditasi menuju akreditasi unggul sebagai langkah strategis.

Baca Juga :  Tingkatkan Akses Keuangan, Pemerintah Kabupaten Badung Gelar Kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan bersama OJK dan PT Bank BPD Bali

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si turut menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan. Ia berharap agar para alumni memiliki karakteristik Sapta Bayu, critical thinking, kecerdasan, inovasi, solutif, dan profesional untuk meraih cita-cita dan menjadikan Warmadewa sebagai perguruan tinggi terkemuka.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T memberikan pesan agar para lulusan terus belajar dan menyerap ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang pesat. Mereka diharapkan dapat menjadi generasi muda penerus pembangunan yang tangguh dan unggul.
Upacara wisuda ke-74 Unwar periode pertama tahun 2024 menjadi tonggak sejarah yang membanggakan, memperlihatkan pencapaian gemilang, dan menandai komitmen Unwar dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.(kbh2)

Related Posts