February 22, 2024
Daerah

Dukung Transparansi dan Kebebasan Pers, Pemkab Tabanan Jalin Sinergitas Bersama PWI Tabanan 

Tabanan  – kabarbalihits

Bangun sinergitas dengan para jurnalis, Bupati Tabanan diwakili Sekda, I Gede Susila, menghadiri undangan sekaligus memberikan sambutan dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabanan masa bakti 2023 – 2026 yang bertempat di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana Kabupaten Tabanan pada Rabu (24/1).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Plt. Ketua PWI Provinsi Bali, jajaran Forkopimda Tabanan, Jajaran Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, beserta undangan lainnya yang bersama dalam suasana harmoni menyaksikan acara yang diawali dengan pelantikan pengurus PWI oleh Plt. Ketua PWI Provinsi Bali tersebut.

Adapun berdasarkan SK PWI Provinsi Bali Nomor: 10/SK/PWI-B/XII/2023 Tanggal 22 Desember 2023 dalam Pelantikan dan Pengukuhan pengurus PWI Kabupaten Tabanan masa Bakti 2023-2026 pagi itu, sebagai penasihat, Wayan Ariasa (SuaraTabanan) dan diketuai oleh Dewi Puspawati (SKH Bali Post), selaku Sekretaris, Desak Ayu Sumberwati (SKH Nusa Bali) dan sebagai Bendahara, A.A Ngurah Manik Arya Sutan Ningrat (SKH Bisnis Bali), beserta seks-seksi lainnya. Dimana pengukuhan pengurus wartawan ini merupakan yang pertama kalinya di Kabupaten Tabanan. 

Sekda Tabanan, I Gede Susila mrmbacakan sambutan Bupati, mengucapkan selamat kepada Ketua dan segenapnpengurus PWI Tabanan masa bakti 2023-2026 yang telah dilantik. Pihaknya sekaligus menyampaikan agar PWI Kabupaten Tabanan semakin berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan. “Peran pers dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting karena pers merupakan pilar ke 4 demokrasi yang bertugas untuk menyampaikan informasi, mengedukasi masyarakat dan mengawasi jalannya pemerintahan,” ucap Susila.

Sehubungan dengan dilantiknya PWI Kabupaten Tabanan, pihaknya berharap agar PWI dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam menyampaikan informasi dari kerjasama juga  dapat berperan aktif dalam pembangunan pemerintahan Kabupaten Tabanan dengan memberikan informasi yang akurat dan berimbang serta harus dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga Marwah dan profesionalisme wartawan. 

Pihaknya yakin dalam kerjasamanya bersama para jurnalis Tabanan, visi misi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) mampu segera terwujud. 

“Saya yakin dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dan PWI Kabupaten Tabanan, Kita dapat mewujudkan Tabanan yang kita cita-citakan yaitu Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani dalam semua bidang pembangunan dan kemasyarakatan,” imbuh Susila.

Di kesempatan yang sama Plt. Ketua PWI, Provinsi Bali,I Wayan Dira Arsana menyampaikan rasa hormatnya dan terimakasihnya kepada Bapak Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tabanan atas segala dukungan yang diberikan. Pihaknya juga mengapresiasi Kabupaten Tabanan sebagai Kabupaten/Kota yang ramah terhadap wartawan. “Berdasarkan survei kecil-kecilan yang saya lakukan, dari 21 wartawan yang ada di Kabupaten Tabanan, semua jawabannya positif. Tabanan salah satu Kabupaten yang ramah pada wartawan,” pujinya. 

Ramah dalam arti disampaikannya, bahwa setiap audiensi diterima, setiap permohonan kerjasama ditindak lanjuti dan itu bentuk-bentuk nyata sinergi antara pemerintah dengan pers yang digadang-gadang sebagai pilar demokrasi ke-4.

Baca Juga :  Dinas Kominfosanti Apresiasi Warga yang Menyumbang WiFi untuk TPS Blankspot

Selaku Ketua PWI Kabupaten Tabanan yang baru saja dikukuhkan, Dewi Puspawati menyampaikan harapannya, agar keberadaan PWI Kabupaten Tabanan ini nantinya bisa mendukung program-program dan kebijakan Pemerintah Daerah, khususnya memberikan informasi publik yang benar-benar terpercaya dan akurat. “Kami siap menjadi mitra dan bersinergi dalam rangka mendukung pembangunan Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.(r)

Related Posts