February 28, 2024
Pendidikan

Prodi Sastra Jepang FIB Unud jadi Tuan Rumah Workshop Pengajaran Kaiwa

Denpasar – kabarbalihits

Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) bekerja sama dengan Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) Korwil Bali-Nusa Tenggara dan The Japan Foundation Jakarta menyelenggarakan Workshop Pengajaran Kaiwa (Percakapan Bahasa Jepang) yang ditujukan khusus kepada para pengajar bahasa Jepang di seluruh Bali dan Nusa Tenggara, Workshop yang dilaksanakan di Ruang Dr. Ir. Soerkarno FIB Unud, Pada Senin, 15 Januari 2024, mengundang dua orang narasumber dari The Japan Foundation yakni Shinohara Aki dan Abigail Indriana M.

Ketua Panitia kegiatan, Ngurah Indra Pradhana, S.S., M.Hum., yang juga merupakan dosen program studi Sastra Jepang FIB Unud dan Ketua ASPBJI) Korwil Bali-Nusa Tenggara menyatakan bahwa kegiatan ini memperoleh animo yang sangat tinggi dari peserta, bahkan panitia harus menutup pendaftaran lima hari sebelum kegiatan dilaksanakan karena kuota peserta yang sudah terpenuhi.

Dijelaskannya, animo untuk mengikuti kegiatan pada hari ini cukup tinggi. Lima hari sebelum kegiatan, kuota peserta sudah terpenuhi. “Sehubungan bentuk kegiatan nanti berupa workshop sehingga kami harus membatasi 30 peserta saja. Adapun peserta pada pagi hari ini, berasal dari Universitas Udayana skaligus tuan rumah penyelenggaraan workshop hari ini, dari Universitas Maha Saraswati-Denpasar, Politeknik Pariwisata Bali, ISI Denpasar, SMA N 1 Manggis, SMA N 1 Mendoyo, SMA N 1 Nusa Penida, SMA N 1 Kuta, SMK N 5 Denpasar, SMA N 8 Denpasar, SMA PGRI 2 Denpasar, dan SMA Kertha Wisata Denpasar. Selain itu, hadir pula pengajar dari LPK yakni dari LPK Dwipayana Cipta Karya.”, papar Indra Pradhana, M.Hum.” ujar Ngurah Indra dalam laporannya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FIB Unud, Dr. I Gde Oeinada, S.S., M.Hum., yang pada kesempatan tersebut mewakili Dekan FIB Unud, berharap kegiatan workshop yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dalam meningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang.

“Semoga dengan diadakannya workshop pada hari ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan, pengalaman dan manfaat bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang”, ungkap Dr. Oeinada sebelum membuka acara secara resmi.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Puji dan Dorong Gotong Royong Karya Upacara Pitra Yadnya di Desa Adat Soka

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama ketiga antara Program Studi Sastra Jepang FIB Unud dan ASPBJI Korwil Bali-Nusa Tenggara, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Seminar Nasional “Improving Japanese Language Skill” pada 18 Agustus 2023 dan Kuliah Umum Pembelajaran Budaya dan Kehidupan di Jepang pada 23 September 2023 silam. (r)

Sumber : UNUD | Universitas Udayana

Related Posts